Minggu, 21 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Features

Anak-Anak Penderita Kanker Semangat Berpuasa di Tengah Keterbatasan

03 Juni 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Perdana

ANTUSIAS : Anak-anak penderita kanker yang dirawat di RSUD Moewardi Solo dihibur sulap saat menanti berbuka puasa selama Ramadan ini.

ANTUSIAS : Anak-anak penderita kanker yang dirawat di RSUD Moewardi Solo dihibur sulap saat menanti berbuka puasa selama Ramadan ini. (SEPTINA FADYA/RADAR SOLO)

Share this      

SELAMA Ramadan ini, anak penderita kanker pasien RSUD Moewardi Solo mendapat hiburan bermanfaat. Mereka mengikuti berbagai kegiatan Ramadan seperti lomba kaligrafi, menghafal surat pendek, qiro’ah hingga melihat atraksi sulap gratis.

Mereka didamping Komunitas Childhood Cancer Care (3C). Kegiatan bertajuk Ceria Bersama Anak-Anak Dengan Kanker  digelar selama sebulan penuh. Setiap hari, di ruang bermain khusus ada sepuluh anak-anak dengan kanker yang berkumpul untuk belajar bersama di Bulan Ramadan.

"Kegiatan ini kami kemas seperti kegiatan Taman Pembelajaran Alquran (TPA). Seperti membaca iqro dan Alquran, menghafal surat-surat pendek, dan doa sehari-hari. Kegiatan ini dipandu oleh volunteer 3C yang mendampingi mereka selama kegiatan berlangsung," beber Koordinator Volunteer 3C, Raka Bagaskara kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin.

Masing-masing anak diberikan satu buah buku kegiatan Ramadan. Buku itu diisi setiap kali sudah mengikuti kegiatan. Selain itu, buku itu juga berisi berbagai panduan game-game ringan. Misalnya teka teki silang dan mencari jejak. Jika ada anak yang tidak bisa datang ke ruang bermain, volunteer 3C akan datang ke bangsal-bangsal untuk tetap memandu kegiatan TPA.

Untuk memeriahkan acara, volunteer 3C menggandeng Solo Magic untuk menggelar mini pertunjukan sulap. Anak-anak pun terhibur dengan kebolehan para pesulap. Kemudin mereka diajak membuat kartu ucapan kreatif yang didampingi oleh volunteer 3C. Kemudian kegiatan ditutup dengan buka bersama.

"Meskipun tidak dapat menjalankan ibadah puasa secara penuh. Dengan kegiatan ini harapannya anak-anak dengan kanker dapat merasakan suasana Ramadan. Sekaligus memberikan dukungan agar lebih bersemangat dalam menjalankan pengobatan. Kegiatan ini juga diikuti oleh anak-anak pasien non-infeksi," jelas Raka.

Raka menyebut berbagai kegiatan diadakan di Bulan Ramadan juga membangkitkan semangat anak-anak dengan kanker untuk sembuh. Mengambil tema Share Happiness, Get Goodness, Raka berharap kegiatan ini dapat menyalurkan semangat Ramadan bagi anak-anak dengan kanker, khususnya di RSUD Dr. Moewardi.

"Jelan Lebaran akan kami adakan lomba menghafal surat pendek dan doa sehari-hari yang sudah dipelajari selama ini. Juga akan ada lomba kaligrafi yang akan diikuti oleh seluruh pasien anak. Hiburannya, nanti kami datangkan pendongeng ke ruang bermain," pungkasnya. (aya/adi)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia