Kamis, 23 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Sragen

Dipantau via CCTV, Dihimbau lewat Pengeras Suara 

03 Juni 2019, 20: 50: 59 WIB | editor : Perdana

FOKUS: Petugas Dishub Sragen tengah memantau CCTV yang terpasang di jalan-jalan pusat kota Sragen.

FOKUS: Petugas Dishub Sragen tengah memantau CCTV yang terpasang di jalan-jalan pusat kota Sragen. (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen memaksimalkan area traffic control system (ATCS) atau sistem kendali lalu lintas untuk memantau arus mudik. Sistem CCTV dari dishub terkoneksi dengan electronic traffic law enforcement (ETLE), namun pengaturan tetap pada sistem yang dimiliki Dishub Sragen.

Sekretaris Dishub Sragen, Dharmawan menyampaikan tidak hanya sekadar memantau arus mudik saja. Dia menyampaikan beberapa ATCS dilengkapi pengeras suara untuk menegur kendaraan yang tidak tertib atau menyalahi aturan.

”Seperti di Pungkruk, kamera bisa berputar 360 derajat untuk memantau kondisi. Ditambah ada pengeras suara juga, biar kita tegur langsung dari sini. Seperti pengendara sepeda motor yang tak pakai helm atau mobil yang berhenti di tempat yang salah,” tuturnya.

Dharmawan menyampaikan ATCS ini juga mengatur kondisi traffic light. Semisal lampu merah terlalu lama, sehingga membuat antrean kendaraan terlalu panjang agar bisa dipercepat pengendara untuk bisa jalan. Ini tergantung situasi dan bisa di-timmer tergantung kondisi. 

”Misalnya jam malam lebih lengang kendaraan, traffic light-nya bisa diatur lagi,” ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Sragen David Hendrato menyampaikan setelah ada penambahan, saat ini terdapat 9 ATCS. Selain itu pihaknya juga terkoneksi dengan CCTV milik Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sragen.

Dia menjelaskan beberapa titik lokasi ATCS  diantaranya ad di Perempatan Alun-alun Sasana Langen Putro Sragen, pertigaan Gambiran, simpang tiga dinas kesehatan, Beloran dan dekat Pos Satlantas Polres Sragen. 

”Kalau ATCS fungsi utamanya memang untuk melihat dan mengatur arus lalu-lintas dan kendaraan dari ruang kendali di kantor dishub,” jelas David.

Dia mengakui perlu lebih banyak ATCS yang ada di jalan-jalan utama di Sragen untuk keamanan.  ATCS sangat membantu untuk mengatur arus lalu-lintas atau pengalihan arus. Keberadaan ATCS itu juga akan diandalkan untuk mengurai arus jika terjadi kemacetan di jalur kota. (din/nik)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia