Jumat, 06 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Sragen
Keteladanan Warga Jaga Eksistensi Budaya Jawa

Bangun Karakteristik Desa Lewat Seni

09 Juni 2019, 20: 10: 59 WIB | editor : Perdana

Bangun Karakteristik Desa Lewat Seni

Pemerintahan sampai tingkat desa berperan penting dalam pengelolaan Paguyuban Kampung Budaya Brajadenta. Dukungan penuh datang dari Kepala Desa (Kades) Jambanan Sugino Welly.

Dia melihat desanya punya potensi untuk berkembang dan mandiri. Selain dari sektor ekonomi, pihaknya juga memperhatikan sektor lainnya seperti budaya, olahraga dan sebagainya. Hal itu yang melatarbelangi dia untuk mensupport paguyuban pelestari budaya Jawa ini.

Pada peringatan kemerdekaan nanti, rencananya kegiatan rutinan paguyuban ini akan dilombakan. Baik pambyawara, tari, dan kegiatan bazar untuk menggerakkan ekonomi masyarakat desa. Dia berharap dengan ketekunan pengurus paguyuban, menjadikan Desa Jambanan punya karakteristik dan ciri khas yang lain dari desa lainnya.

”Kami berharap ada karakter dan ciri khas yang menonjol. Sehingga berdampak bagi kesejahteraan warga,” terang Sugino.

Dia menjelaskan warga Desa Jambanan sangat guyub rukun dan bersatu. Rencana menggelar agenda besar pada Agustus nanti didukung penuh oleh warga. Selain itu fasilitas aset yang ada di desa digunakan sebaik mungkin untuk warga.

”Disini kami punya lapangan, gedung serbaguna dan pendapa. Bagaimanapun caranya agar aset aset milik desa ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga,” ujarnya.

Sugino tidak memungkiri masih ada warga yang belum antusias dengan kegiatan positif ini. Namun ke depan jika sudah menghasilkan sesuatu diharapkan mereka juga tertarik dan bergabung untuk membesarkan nama desa. (din/adi)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia