Rabu, 19 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Pemkot Mulai Tata Papan Kawruh Tirta

11 Juni 2019, 12: 30: 59 WIB | editor : Perdana

OBJEK EDUKASI: Wali Kota Rudy tinjau kawasna Papan Kawruh Tirta.

OBJEK EDUKASI: Wali Kota Rudy tinjau kawasna Papan Kawruh Tirta. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemkot mulai menata kawasan Papan Kawruh Tirta. Pembuatan pagar pembatas serta landscape dikerjakan sekaligus. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Endah Sitaresmi Suryandari menjelaskan, papan penutup kawasan di depan Terminal Tirtonadi itu kini mulai dibuka.

Beberapa pekerjaan telah dilakukan. Di antaranya memasang paving block, taman, dan beberapa ornament tambahan. “Kita nanti juga mengerjakan pagar sama menyelesaikan landscape-nya,” katanya, Senin (10/6).

Penataan dilaksanakan CV Wishnu Pratama. Proyek tersebut menghabiskan anggaran Rp 808,8 juta dari APBD 2019. Sita berharap setelah penataan kawasan selesai, Papan Kawruh Tirta dapat segera dimanfaatkan sebagai sarana edukasi khususnya di bidang air. Bangunan yang direvitalisasi pada 2016 itu akan menjadi pusat studi dan wisata di Kota Bengawan.

“Di sana bisa belajar tentang air, bisa air tanah, air sungai dan air lainnya. Ada juga dokumen tentang masterplan sungai di Solo,” imbuhnya.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menegaskan, kawasan Tirtonadi menjadi pintu gerbang kawasan Gilingan, Manahan dan Nusukan (Gilimanuk). Beberapa objek wisata mulai disiapkan. Antara lain Bendung Karet Tirtonadi, makam Mbah Cempo, serta Papan Kawruh Tirta. Selain itu dilengkapi juga ikon keris di Jembatan Tirtonadi. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia