Rabu, 20 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Mudik Rampung, Kawasan Pasar Klewer Padat

11 Juni 2019, 15: 27: 42 WIB | editor : Perdana

MENUMPUK: Volume kendaraan terpantau padat di kawasan Alun-Alun Utara Keraton Kasunanan, yang bersebelahan dengan pusat sandang Pasar Klewer, kemarin (10/6).

MENUMPUK: Volume kendaraan terpantau padat di kawasan Alun-Alun Utara Keraton Kasunanan, yang bersebelahan dengan pusat sandang Pasar Klewer, kemarin (10/6). (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta mencatat, sebanyak 5,52 juta kendaraan melintas di Kota Solo sejak H-1 hingga H+3 Lebaran, Minggu (9/6). Karena puncak arus balik telah lewat, kepadatan lalu lintas mulai bergeser ke kawasan pusat perbelanjaan.

Berdasarkan data traffic count Dishub Kota Surakarta, kendaraan yang melintas di jalanan Kota Bengawan di kisaran 422.421 unit. Rinciannya 198.194 kendaraan masuk dan 224.227 kendaraan keluar. Jumlah tersebut terpantau naik-turun selama masa mudik dan balik Lebaran berlangsung. Total hingga H+3 Lebaran, ada sekitar 5 juta kendaraan melintas. 

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Surakarta Ari Wibowo mengatakan, prediksi puncak arus balik terjadi pada Sabtu dan Minggu (8-9/6). Mengingat ada peningkatan signifikan pada hari itu. ”Pada H+3 Lebaran, kendaraan keluar lebih banyak dibandingkan yang masuk Solo. Jalur Tol Trans Jawa masih menjadi pilihan utama pemudik untuk arus balik Lebaran tahun ini,” ucapnya kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (10/6).

Jalur exit tol Klodran, Karanganyar misalnya. Terus dipadati kendaraan yang masuk atau keluar jalan tol segmen Solo-Ngawi. Hal serupa juga terpantau di sekitar gerbang tol (GT) Ngemplak, Boyolali dan Colomadu, Karanganyar.

”Paling ramai di jalan-jalan lingkar kota. Kalau di dalam kota, pagi ini (kemarin) arus lalin masih ada yang padat. Di antaranya kawasan Alun-Alun Utara dan Pasar Klewer. Khususnya di sekitar pusat perbelanjaan,” beber Ari.

Pantauan Jawa Pos Radar Solo, kawasan Alun-Alun Utara dan sekitar Pasar Klewer jauh lebih padat dari hari biasanya. Kepadatan di kawasan tersebut tak hanya kunjungan wisatawan yang datang. Namun juga banyaknya pedagang dadakan yang berjualan di sekitar Jalan Supit Urang, Keraton Kasunanan.

Alhasil, kapasitas jalan semakin menyempit. Sehingga menyebabkan arus lalu lintas menjadi tersendat selama beberapa saat. ”Jalan menyempit akibat PKL berjualan di sisi kanan dan kiri di Jalan Supit Urang. Saya kira ada kecelakaan, karena pada hari biasa jalannya lancar. Ternyata tidak,” keluh Waskito, 54, pengguna jalan asal Sukoharjo. 

Berdasarkan keterangan warga sekitar, kepadatan di kawasan Alun-Alun Utara terlihat sekitar pukul 11.30 WIB. Warga meminta pemerintah segera menertibkan pedagang yang nekat berdagang di jalan lingkat tersebut. ”Kalau seperti ini kan yang mau lewat jadi susah. Niatnya mau piknik, lihat keraton sudah capek dulu di jalan,” ucap Akbar Hari Murti warga Baluwarti, Pasar Kliwon. (ves/fer)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia