Rabu, 13 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

Antisipasi Kemarau, Siapkan 4 Truk Tangki Air

11 Juni 2019, 15: 36: 48 WIB | editor : Perdana

SABAR MENGANTRE : Warga di kawasan rawan kekeringan menerima droping air bersih tahun lalu.

SABAR MENGANTRE : Warga di kawasan rawan kekeringan menerima droping air bersih tahun lalu. (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Memasuki musim kemarau, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirto Negoro Sragen bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) siap menyuplai air bersih di daerah rawan kekeringan. Untuk itu, empat truk tangki air disiapkan.

Direktur PDAM Sragen Supardi menjelaskan, wilayah yang paling sering mendapat droping air adalah Tangen dan Jenar. Penyebabnya lantaran belum ada sambungan ke dua kecamatan tersebut. Empat truk tangki disiapkan untuk menyuplai air. Beberapa wilayah sudah ada tandon air untuk memudahkan penyaluran bantuan air.

”Tahun lalu air suplai sudah ada yang ditempatkan di tandon. Tujuannya agar lebih efektif dalam pemberian bantuan yang biasanya dari masyarakat langsung ke truk tangki air,” jalasnya.

Dijelaskan, untuk mengantisipasi kekeringan juga diajukan anggaran pembangunan sumur di Sambungmacan tahun depan. Untuk wilayah Kecamatan Gondang terdapat tambahan satu sumur baru dengan kapasitas 25 liter per detik.

”Adanya sumur baru itu kami mampu menjamin pasokan air sekaligus menambah pelanggan baru setelah Lebaran ini. Jadi harus bertahap antara 2020 sampai 2021. Karena anggaran pemkab juga harus dibagi-bagi dengan bijak untuk sektor lain,” terangnya.

Sementara itu penggunaan air saat Lebaran melonjak sekitar 5 persen. Kemudian minggu ke dua hingga sepekan setelah Lebaran naik 30 persen. Pemakaian terbesar berada di wilayah Sambirejo dan Sumberlawang. Mengingat banyak pemudik pulang kampung di dua wilayah tersebut.

”Secara umum kenaikan pemakaian air mencapai 20 persen,” terang Supardi.

Sementara salah satu kawasan rawan kekeringan air di Mojokerto, Kedawung selama Lebaran ini sudash terpenuhi. (din/adi)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia