Senin, 18 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

PPDB SMA Boleh Verifikasi di Sekolah Terdekat

12 Juni 2019, 10: 10: 59 WIB | editor : Perdana

PPDB SMA Boleh Verifikasi di Sekolah Terdekat

SOLO - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA tahun ini akan mengalami sedikit perbedaan. Pendaftar dipersilakan verifikasi berkas di sekolah paling dekat dengan tempat tinggalnya. 

Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Surakarta Agung Wijayanto mengungkapkan, pendaftar belum tentu akan diterima di sekolah yang dituju. “Jadi verifikasi bisa di mana saja. Tapi diterimanya belum tentu di sekolah itu. Misalnya, pendaftar yang tinggal di daerah dekat SMAN 6, ya verifikasinya di sekolah itu saja. Meski daftarnya tidak di SMAN 6,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (11/6).

Sistem PPDB kali ini akan melacak pendaftar ke sekolah yang terdekat dengan tempat tinggalnya dan kuota yang belum penuh. Agung mencontohkan meskipun pendaftar asal Nusukan, Banjarsari melakukan verifikasi berkas di SMAN 1, belum tentu pendaftar tersebut akan diterima di SMAN 1.

“Artinya, boleh-boleh saja mau daftar di sekolah mana dan verifikasi berkas di mana saja. Kami khawatir, masyarakat hanya berharap ke satu sekolah saat verifikasi berkas itu. Jadi pendaftar menumpuk di satu sekolah. Misalnya SMAN 1, SMAN 2, SMAN 5, dan SMAN 6 kan satu zona. Kalau semuanya verifikasi di SMAN 1 kan repot juga,” ujarnya.

Untuk sekolah yang lokasinya berjauhan, seperti SMAN 4 dan SMAN 7, diprediksi Agung akan membelundak pendaftarnya. Selain animo masyarakat tinggi, juga karena sekolah terdekat di daerah tersebut hanya satu. 

 “Kami sudah undang kepala SMP, lurah, dan camat untuk sosialisasikan ini. Kami sangat mendorong pendaftaran melalui online. Kalau ke sekolah tetap bisa online minta bantuan pihak sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, hari ini akan diadakan uji coba pendaftaran PPDB SMA dan SMK di semua sekolah. Hal ini untuk memastikan bahwa sistem bekerja dengan baik. (aya/bun)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia