Rabu, 19 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Pendaftaran SBM PTN Tak Libatkan PTN

Jumlah Pendaftar Belum Diketahui

12 Juni 2019, 12: 50: 59 WIB | editor : Perdana

Pendaftaran SBM PTN Tak Libatkan PTN

SOLO – Perguruan tinggi negeri (PTN) belum bisa mengakses jumlah peserta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) sampai hari kedua kemarin (11/6). Termasuk Universitas Sebelas Maret (UNS).

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UNS Ahmad Yunus mengatakan, sampai saat ini, semua aplikasi masih di-handle panitia pusat, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

"Jadi PTN itu tidak dilibatkan dalam penanganan pendaftaran. Semuanya dari LTMPT. Kami belum diberikan fasilitas akses untuk memantau jumlah pendaftar pada hari pertama kemarin," bebernya kepada Jawa Pos Radar Solo didampingi Deputi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Nuryani, Selasa (11/6).

Rencananya, akses jumlah peserta SBM PTN diberikan kepada panitia PTN pada hari ketiga pendaftaran. Sehingga, sampai berita ini ditulis, Yunus menyebut pihaknya belum mengetahui jumlah pendaftar dan program studi (prodi) apa saja yang diburu pendaftar.

"Harusnya besok (hari ini,Red) sudah bisa akses. Sampai hari ini kami belum tahu peminat pendaftar seperti apa," katanya.

Ditegaskan dia, kewenangan menerima dan menolak pendaftar tetap di tangan PTN. Pihak LTMPT sifatnya hanya memfasilitasi. Sementara penentuan mahasiswa yang diterima dilakukan bersama-sama dengan PTN lainnya.

"Karena kan pendaftar bisa jadi pilihan pertamanya di UNS, pilihan kedua di PTN lain. Jadi harus terintegrasi antar-PTN. Pendaftar yang diterima berdasarkan nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Hanya formatnya bagaimana kami belum tahu persis," urainya.

Karena SBM PTN dengan sistem baru ini baru dilaksanakan kali pertama, maka belum ada passing grade yang menjadi acuan pendaftar. Pendaftar bisa melihat posisinya melalui statistik yang diberikan oleh pihak LTMPT. Statistik ini menunjukkan nilai tertinggi, terendah, median, kuarter pertama, dan kuarter ketiga. Termasuk data jumlah pendaftar dengan nilai yang sama.

"Kalau nilai pendaftar berada di kuarter ketiga, berarti dia agak longgar dalam memilih prodi. Kalau nilainya di kuarter pertama, ya agak berat (persaingannya,Red)," tutur dia.

Deputi SPMB UNS Nuryani menambahkan tren peminat pendaftar tahun lalu masih relevan menjadi acuan pendaftar SBM PTN tahun ini. Meskipun capaian nilai tahun lalu dengan nilai UTBK tidak bisa dibandingkan secara langsung.

"Prodi (program studi, Red) dengan peminat tertinggi ada Kedokteran, Manajemen, dan Informatika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP), peminatnya tidak naik dan tidak turun. Karena profesi guru masih menjadi alternatif yang diinginkan masyarakat," bebernya.

Sekadar informasi, jumlah mahasiswa yang diterima jalur SBM PTN adalah 50 persen dari total keseluruhan 6.625 mahasiswa. Artinya, sebanyak 3.315 mahasiswa akan diterima di jalur ini.  Pada seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) lalu, jumlah mahasiswa yang melakukan registrasi sebanyak 97 persen.

"Ada yang tidak masuk SNM PTN jadi masuk ke SBM PTN. Jadi totalnya 3.361 mahasiswa yang diterima di SBM PTN," pungkas Nuryani. (aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia