Jumat, 15 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Libur Lebaran, Jumlah Wisatawan 126.318 Orang

12 Juni 2019, 15: 25: 12 WIB | editor : Perdana

PALING FAVORIT: Objek wisata Air Terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu paling banyak dikunjungi wisatawan selama libur panjang Lebaran.

PALING FAVORIT: Objek wisata Air Terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu paling banyak dikunjungi wisatawan selama libur panjang Lebaran. (ADI PRASETYAWAN/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Jumlah wisawatan yang berkunjung ke objek wisata di Kabupaten Karanganyar selama libur Lebaran 2019 mencapai 126.318 orang.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Titis Sri Jawoto menjelaskan, ada kenaikan jumlah pengunjung yang signifikan. Khusunya wilayah-wilayah di pegunungan yang menawarkan keindahan alam Gunung Lawu. Mulai dari kawasan wisata Tawangmangu hingga Ngargoyoso.

”Wisata alam Gunung Lawu masih menjadi magnet wisatawan selama libur panjang Lebaran. Udaranya yang dingin menjadi keunggulan tersendiri. Kalau di wilayah perkotaan yang juga diserbu wisatawan seperti De Tjolomadoe, tapi mengalami penurunan,” jelas Titis kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (11/6).

Dia menjelaskan, sejumlah pengelola sepakat tidak menaikan tarif secara berlebihan meskipun liburan Lebaran. Hal itu berpengaruh terhadap jumlah kunjungan wisatawan.

“Memang ada kenaikan tarif, tapi tidak berlebihan. Kalau terlalu murah juga nanti imbasanya ke kapasitas objek wisata yang membludak,” teranganya.

Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata tahun ini sebesar Rp 2 miliar. Naik dibanding target tahun lalu sebesar Rp 1,5 miliar. Meski target dinaikan, dia optimis bisa tercapai. Seperti tahun lalu saat ditargetkan Rp 1,5 miliar ternyata bisa menyetor PAD sebesar Rp 2,1 miliar.

“Apalagi Disparpora mendapatkan kucuran dana DAK sebesar Rp 900 juta. Itu untuk pelatihan pengelola pariwisata di Karanganyar,” tandasnya. (rud/adi)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia