Rabu, 19 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Lomba Getek Angkat Potensi Rawa Jombor

12 Juni 2019, 19: 18: 14 WIB | editor : Perdana

MERIAH: Lomba getek yang digelar setiap tahun setelah Lebaran di Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Cawas

MERIAH: Lomba getek yang digelar setiap tahun setelah Lebaran di Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Cawas (BOY ROHMANTO/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Lomba Getek kembali digelar di Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, kemarin (11/6). Puluhan peserta ikut berpartisipasi dalam lomba yang digelar rutin setiap tahun, setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri tersebut. Simbolisasi pembukaan Lomba Getek, dilakukan sebar bebek oleh Bupati Klaten Sri Mulyani. Bebek yang disebar diperebutkan warga yang telah berendam di rawa.

Sri Mulyani mengatakan, Lomba Getek diadakan sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan salah satu objek wisata air di Kota Bersinar (julukan Kabupaten Klaten) tersebut. Diharapkan dengan lomba tersebut, antusias pengunjung yang datang akan terus bertambah setiap tahun. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir, revitalisasi Rawa Jombor terus dilakukan pemerintah.

”Selain menjadi bagian infrastruktur pertanian, Rawa Jombor juga menjadi salah satu tempat wisata andalan di Klaten. Kami sudah melakukan penataan dan perbaikan fasilitas. Agar pengunjung yang datang bisa lebih nyaman,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Solo.

Dia menambahkan, melalui Lomba Getek, diharapkan masyarakat sekitar Rawa Jombor ikut berperan aktif dalam promosi wisata. Jika lokasi tersebut semakin ramai dikunjungi wisatawan otomatis perekonomian masyarakat sekitar ikut terdongkrak.

”Berbagai sumber pemasukan bisa datang dari pengunjung. Karena di Rawa Jombor banyak terdapat rumah makan apung yang cukup menarik untuk dijadikan tujuan wisata. Kami sebagai pemerintah akan terus melakukan pembenahan terhadap fasilitas yang ada di Rawa Jombor,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten Pantoro menambahkan, Lomba Getek sudah menjadi agenda tahunan dalam kalender event pemkab. Setiap tahun masyarakat sudah menunggu event tersebut. ”Selain sebagai hiburan, Lomba Getek juga menjadi upaya edukasi. Agar masyarakat ikut aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian Rawa Jombor,” bebernya.

Purwaningsih, 37, pengunjung asal Kecamatan Cawas datang menonton bersama suami dan kedua anaknya. Dia mengaku rutin menyaksikan lomba bersama keluarganya. ”Mumpung anak-anak masih libur sekolah, saya ajak nonton,” ujarnya. (oh/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia