Rabu, 20 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Belum Ditetapkan, Cakades Sudah Perang Baliho

12 Juni 2019, 19: 25: 33 WIB | editor : Perdana

SEMRAWUT: Baliho balon kades di Desa Batan, Banyudono.

SEMRAWUT: Baliho balon kades di Desa Batan, Banyudono. (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Boyolali baru akan digelar 29 Juni mendatang. Proses seleksi dan penetapan calon kepala desa (cakades) pun juga belum dilakukan. Tapi, perang baliho sudah dilakukan para bakal calon kepala desa (balon kades).

Total ada 229 desa yang menggelar pilkades serentak. Perang spanduk dan baliho sudah menjamur di sejumlah desa. Di Desa Batan, Kecamatan Banyudono misalnya. Perang baliho tiga balon kades terlihat di persimpangan jalan yang lokasinya strategis. ”Benar,  di sini sudah banyak yang pasang gambar bakal calon kades,” kata Luwarno, 56, warga Desa Batan kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (11/6).

Fenomena serupa juga terlihat di Desa Banyudono dan Bangak, Kecamatan Banyudono. Irvani Setyawan, 27, warga Bangak mengaku spanduk dan baliho sudah menjamur sejak Ramadan kemarin. ”Ya aneh, padahal belum ada penetapan calon kades, ini sudah banyak gambar-gambarnya. Mungkin mereka para peserta tidak memahami tahapan-tahapannya,” bebernya.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Panitia Pemilihan Kepala Desa Canden, Kecamatan Sambi melakukan tegursan secara tertulis. Terhadap dua balon kades yang akan bertarung. Keduanya diminta memberedel spanduk ucapan selamat Lebaran yang berunsur kampanye.

”Ini kami lakukan atas masukan dari warga. Karena belum masuk masa kampanye, agar tidak memasang gambar. Meski pun itu ucapan selamat Lebaran,” papar Panitia Pemilihan Kepala Desa Canden Widodo.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali Purwanto menyebut sesuai tahapan, belum ada penetapan cakades. Panitia masih menampung masukan masyarakat mengenai balon kades yang akan bertarung. 

”Kami minta para bakal calon untuk menahan diri. Waktu kampanye nanti ada sendiri. Jadi mohon bakal calon kades untuk bersabar,” tandasnya. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia