Minggu, 17 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Target Sertifikasi Belasan Ribu Bidang Tanah

12 Juni 2019, 20: 55: 23 WIB | editor : Perdana

Target Sertifikasi Belasan Ribu Bidang Tanah

BOYOLALI – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Boyolali ditarget bisa melakukan sertifikasi terhadap 39 ribu bidang tanah tahun ini. Namun 4 bulan sebelum berakhirnya Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL), Kantor Pertanahan (Kantah) Boyolali baru menyelesaikan 25 ribu bidang tanah saja atau 73,3 persen.

”Target itu harus selesai. Sejauh ini secara keseluruhan fisiknya sudah mencapi 73,7 persen. Mulai dari penyuluhan hingga penerbitan sertifikat. Jadi saat ini masih kurang 14 ribu bidang,” jelas Kepala Kantah Boyolali Kasten Situmorang kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (11/6).

Target ini diharapkan dapat diselesaikan pada 9 September mendatang. Segala bentuk bidang tanah, mulai dari pekarangan, rumah dan lahan pertanian, sungai, tanah kas desa asal bukan tanah kawasan hutan, jadi incaran untuk disertifikasi.

”Petugas kami aktif turun mencari informasi. Tujuannya menjadi kabupaten yang lengkap, semua bidang tanah terpetakan, dan semua bidang tanah punya NIB (nomor induk bidang, Red). Siap sapu bersih semua bidang tanah tersertifikatkan. Mulai dari kota sampai ke desa,” tegas Kasten.

Kantah mengimbau agar pemerintah desa dan masyarakat berlomba menginformasikan tanahnya yang belum bersertifikat. Akan disertifikatkan dengan dibiayai pemerintah. Warga cukup menunjukkan identitas dan fotokopi surat atas hak bidang tersebut. Selanjutnya petugas akan melayani. ”Boleh langsung ke Kantor BPN atau melalui perangkat desa, atau dua-duanya. Cukup bawa fotokopi identitas KTP, kartu keluarga (KK), dan surat atas haknya,” tandasnya. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia