Minggu, 17 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Tutup Perayaan Lebaran, Warga Boyolali Arak Sapi Keliling Desa 

13 Juni 2019, 08: 10: 59 WIB | editor : Perdana

MERIAH: Kirab Sapi di Dusun Mlambong, Desa Sruni, Kecamatan Musuk digelar untuk menutup Hari Raya Idul Fitri, kemarin (12/6).

MERIAH: Kirab Sapi di Dusun Mlambong, Desa Sruni, Kecamatan Musuk digelar untuk menutup Hari Raya Idul Fitri, kemarin (12/6). (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI- Menutup perayaan Lebaran, warga lereng Gunung Merapi di Dusun Mlambong, Desa Sruni, Kecamatan Musuk, memiliki tradisi unik. Mereka mengarak hewan ternak keliling jalan desa. Tradisi ini menurut masyarakat setempat disebut Bakda Kupat atau Bakda Sapi 

Tradisi turun-temurun sejak nenek moyang itu dilakukan hari ke tujuh pascalebaran. Ratusan ekor sapi dan kambing milik para warga pun tampak memenuhi jalan-jalan desa. Sebuah gunungan besar ketupat dan sayuran hasil bumi ikut diarak. Kesenian tradisional juga turut dalam arak-arakan. Tradisi unik inipun mengundang perhatian warga dari berbagai daerah. Agar menarik, ada warga yang menghias sapinya. Selain dikalungi ketupat, ada sapi yang dicat warna warni. Suasana arak-arakan sapi pun berlangsung meriah.  

“Tradisi budaya ini merupakan peninggalan dari nenek moyang kami dan akan terus kami lestarikan. Disebut Bakda Kupat atau Bakda Sapi karena pada hari itu warga juga menggelar kupatan dan arak-arakan sapi,” kata sesepuh dusun setempat, Hadi Sutarno di sela-sela kegiatan.

Hadi Sutarno mengatakan bahwa tradisi syawalan dengan menggembala hewan ternak keliling kampung ini merupakan wujud syukur kepada Tuhan atas rezeki yang diberikan melalui hewan ternak mereka. “Kami mensyukurinya dengan mengarak sapi-sapi ini keliling kampung,” ujarnya.

Warga setempat, Suyani, 50, mengatakan, tradisi ini akan terus digelar. Sebab, mengarak sapi keliling desa ini mengingatkan warga terhadap tradisi para nenek moyang. “Sudah menjadi kewajiban bagi generasi penerus untuk melestarikan ini,” ujarnya. (wid/bun)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia