Jumat, 15 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

PPDB SMP Diundur, Miris Lihat Wali Murid Nginap di Halaman Sekolah

13 Juni 2019, 19: 25: 39 WIB | editor : Perdana

Wai murid melihat pengumuman penundaan PPDB yang dipasang di salah satu sekolah

Wai murid melihat pengumuman penundaan PPDB yang dipasang di salah satu sekolah

Share this      

KARANGANYAR – Pemkab akhirnya mengambil kebijakan untuk menunda proses pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019 yang rencananya digelar pada Kamis (13/6). Itu setelah melihat kejadian memilukan dalam proses PPDB di SMPN 1 Tawangmanu, di mana wali murid rela menginap di halaman sekolah demi mendapatkan kursi pada Rabu (12/6) malam.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengungkapkan, pertimbangan mengundurkan waktu pendaftaran PPDB tersebut lantaran melihat dinamika yang terjadi pada wali murid di Tawangmangu.

“Pelaksanaannya akan kita undur sampai 1-4 Juli 2019. Nanti sistemnya kita akan kita ubah menjadi online,” tegas bupati Kamis (13/6).

Dengan perubahan sistem dari sebelumnya offline menjadi online, kata bupati, pendaftaran secara sistem zonasi tetapi bisa diberlakukan. Namun, peraturan tidak terlalu mengikat atau saklek.

“Kita terlalu awal, makanya ini untuk bisa diundur. Kabupaten lain itu nanti sampai 5 Juli 2019. Makanya tadi saya panggil semua dan dipersiapkan dengan baik untuk pelaksanana pendaftaran tersebut,” ucapnya.

Biaya untuk pelaksanaan PPDB bakal dipenuhi dari APBD Karanganyar. Sesuai peraturan dari kementerian terkait, proses PPDB secara online tidak diperbolehkan menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS). (rud/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia