Jumat, 15 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

HUT Solo, Pejabat Ziarah Untuk Kenang Jasa Eks Pemimpin Kota Solo

14 Juni 2019, 10: 15: 59 WIB | editor : Perdana

TABUR BUNGA: Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo pimpin ziarah ke makam sejumlah mantan wali kota, Kamis (13/6).

TABUR BUNGA: Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo pimpin ziarah ke makam sejumlah mantan wali kota, Kamis (13/6). (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Sejumlah pejabat pemkot berziarah ke makam mantan wali kota, Kamis (13/6). Kegiatan ini sekaligus menyambut HUT ke-73 Pemkot Surakarta 17 Juni mendatang. 

Wakil Wali Kota Achmad Purnomo memimpin rombongan pejabat yang bertolak dari balai kota menggunakan bus. Diawali berziarah ke makam wali kota Surakarta pertama Sindoerejo di Kelurahan Sewu, berlanjut ke makam Sukatmo Prawiro Hadisoebroto, Slamet Suryanto, dan Budi Suharto.

Sukamto merupakan wali kota era 1980- 1985. Dia dimakamkam di Bibis Luhur. Sedangkan Slamet Suryanto adalah wali kota ke-12 yang dimakamkan di tempat pemakaman umum Bonoloyo. Slamet memimpin Kota Solo periode 2000-2005. Terakhir, rombongan ziarah menuju makam penjabat Wali Kota Surakarta Budi Suharto.

"Sebenarnya masih ada makam wali kota lain di luar kota. Nanti kita telusuri lagi," terang Purnomo usai menyelesaikan prosesi ziarah.

Ziarah di makam pemimpin terdahulu, lanjutnya, rutin dilakukan menjelang HUT Pemkot Surakarta. Begitu juga dalam memperingati HUT Kota Solo. Itu merupakan bentuk penghargaan atas jasa pendahulu.

"Kita mengenang kembali bahwa beliau-beliau itu pernah memimpin Kota Surakarta. Semoga mereka di terima di sisi Allah, diterima segala amal kebaikannya, dan di ampuni segala kekhilafannya," terang wakil wali kota.

Selain mendoakan, Purnomo memastikan pemkot terus melakukan perawatan makam mantan wali kota. Dia mencontohkan perbaikan akses masuk makam yang sebelumnya kurang diperhatikan.

"Kita rapikan, kita buat secantik mungkin dengan lingkungan dan keadaan sekitarnya yang tidak bisa kita lepaskan," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Surakarta Endah Sitaresmi Suryandari menjabarkan, pemkot sedang membangun kantor pengelola makam agar lebih representatif. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia