Jumat, 15 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Sepak Bola
Persis Solo vs PSM Madiun

Waktunya Balas Luka Lama

14 Juni 2019, 16: 55: 10 WIB | editor : Perdana

Waktunya Balas Luka Lama

PERSIS Solo dipastikan akan menjajal kekuatan PSM Madiun di Stadion Wilis, Minggu (16/6) nanti. Pertemuan ini adalah menyambut launching tim Persis dan celebration game kebangkitan PSM Madiun. 

Pertemuan antara kedua klub pendiri PSSI ini memang jarang terjadi. Selain PSM yang sudah lama vakum, klub yang berdiri tahun 1929 ini juga lebih akrab dengan kasta liga amatir.

“Pertandingan ini sudah lama dinanti. Ini juga sambil itung-itung pemanasan buat PSS menyambut Liga 3 Jatim, terlebih PSM jadi tuan rumah laga pembuka Liga 3 Jatim. Persis juga punya adil dalam baliknya PSM (Setelah hampir 10 tahun vakum),” terang Media Officer PSM Madiun, Johny Hutabarat.

Musim lalu saat Persis menggunakan Stadion Wilis Madiun sebagai homebase, manajemen Persis memang menggelorakan harapan agar PSM bisa kembali eksis seperti dulu. Akhirnya gayung bersambut, keinginan Persis itu ditampung suporter di Madiun yang akhirnya mengoyak-oyak Askot PSSI Madiun untuk bisa menghidupkan lagi PSM.

Di lain sisi pertemuan kedua tim sepertinya terakhir kali terjadi para turnamen perayaan Anniversary PSSI ke-50 tahun 1980. Persis yang masuk di regional Jogja, bertanding melawan PSM di Stadion Kridosono (16/4/1980). Sayang Persis kalah tipis 1-2 saat itu. 

Di turnamen ini, tiga kali menelan kekalahan membuat Persis ada di juru kunci klasemen. Purwadi dkk kalah posisi dari PSIM, PPSM Magelang dan PSM. Di lain sisi belum ada catatan pasti kapan Persis dan PSM pertama kali bertemu.

Di kompetii resmi, kedua tim masuk di satu grup yang sama di kompetisi PSSI musim 1934 dan 1935 tingkat distrik. Persis akhirnya lolos ke babak nasional dan bisa menjadi juara kala itu.

Maret 1938, Persis juga menjalani rangkaian uji coba di Madiun. Yakni melawan Madiun All Star, dan PSM. Setahun bersalang, Persis sukses menang atas PSM dengan skor telak 6-1 (25/11/1939).

Khusus untuk acara ini, ternyata berbagai persiapan sudah dilakukan. ”Untuk panitia acaranya itu dari panpel PSM Madiun dan Askot PSSI Madiun,” terang Panpel Persis Solo, M Badres. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia