Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

RSUD Semanggi Akan Dibuka Agustus, Belum Bisa Terima Pasien BPJS

14 Juni 2019, 21: 47: 48 WIB | editor : Perdana

Komisi IV DPRD melakukan sidak ke RSUD Bung Karno Semanggi beberapa waktu lalu

Komisi IV DPRD melakukan sidak ke RSUD Bung Karno Semanggi beberapa waktu lalu

Share this      

SOLO - Rumah RSUD Bung Karno di Semanggi bakal diresmikan bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang. Namun, rumah sakit plat merah itu belum bisa menerima pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Bung Karno Lilik Prabowo mengatakan, RSUD Bung Karno itu belum menyelesaikan proses kerja sama dengan BPJS. Ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi sebelum membuat memorandum of understanding (MoU) dengan BPJS.

“Setelah launching, mohon maaf kita baru bisa menerima pasien umum. Karena belum kerja sama dengan BPJS. Normalnya, BPJS dapat diproses dalam waktu 21 hari setelah mendaftar. Untuk mendaftar itu, kita butuh izin operasional,” kata Lilik Jumat (14/6).

Izin operasional, lanjut Lilik, masih menunggu perekrutan sumber daya manusia (SDM). Baik dokter, perawat, bidan, maupun tenaga kesehatan lain. 

”Mereka (SDM, Red) harus mengumpulkan STR (surat tanda registrasi) atau SIP (surat izin praktik) untuk didaftarkan, melengkapi izin operasional sebagaimana syarat berdirinya rumah sakit tipe C,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Bung Karno Bintang Setya Nusantara memiliki beberapa skema untuk melayani pasien nantinya.

Bagi pasien anggota BPJS, akan diarahkan ke RSUD Ngipang, Kadipiro. Sedangkan pasien umum, namun tergolong warga tidak mampu, akan digratiskan. (irw/ria)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia