Jumat, 15 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Ganti Bongkar Transito Maksimal Rp 5,5 Juta

15 Juni 2019, 11: 25: 59 WIB | editor : Perdana

PENATAAN: Pemkot akan membongkar 104 bangunan di sekitar jalur KA Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan untuk pembangunan Underpass Transito. 

PENATAAN: Pemkot akan membongkar 104 bangunan di sekitar jalur KA Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan untuk pembangunan Underpass Transito.  (DAMAINUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Warga pemilik 104 bangunan terdampak pembangunan Underpass Transito, Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan mulai membuat rekening untuk transfer ongkos ganti bongkar. Mereka akan menerima ganti bongkar maksimal senilai Rp 5,5 juta.    

Pembuatan rekening Bank Jateng dilakukan di kantor kelurahan setempat, Kamis malam (13/6). Warga diminta menunjukkan KTP dan kartu keluarga (KK) kemudian mengisi data diri yang dibutuhkan. “Kalau yang sudah punya rekening, tidak perlu membuat baru," jelas salah seorang staf Bank Jateng Gesti Kadesta. 

Salah seorang pemilik bangunan terdampak Underpass Transito Bambang Sugianto mengatakan, mendapat ganti bongkar senilai Rp 2,1 juta untuk bangunan berukuran 7×6 meter. “Sudah 15 tahun saya tinggal di bantaran rel kereta api (kawasan Pajang,Red). Dulu itu (tanah, Red) di sana jatah kakek saya karena mantan penjaga palang pintu kereta api. Kalau diminta pindah, ya tidak apa-apa. Saya memang belum punya rumah, sementara opsi pemerintah rumah susun,” urainya. 

Warga terdampak lainnya Muh. Hasyim menyatakan mendapatkan ganti bongkar bekas warung makan senilai Rp 700 ribu. “Dahulu bangunnya habis puluhan juta rupiah,” terang dia.

Kepala Bidang PKL Dinas Perdagangan Surakarta Didik Anggono berjanji segera mencairkan ongkos bongkar. Yakni dengan menerbitkan surat keputusan (SK) wali kota sebagai landasan hukumnya.

Menurut Didik, ratusan bangunan yang terdiri dari hunian, tempat usaha, dan kombinasi keduanya itu bakal dibongkar per 1 Juli. Sedangkan fasilitas umum berupa pos ronda tetap diizinkan berdiri dengan syarat didaftarkan ke bagian aset PT KAI di Stasiun Purwosari.

"Sosialisasi kedua ini menyampaikan kepastian baik waktu bongkar mulai 1 Juli dengan masa tenggang hingga dua pekan setelahnya. Uang ganti bongkar paling kecil Rp 300 ribu untuk bangunan semipermanen. Yang paling tinggi Rp 5,5 juga untuk bangunan permanen berlantai dua," beber dia. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia