Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Momen Lebaran, Kunjungan Wisata Naik 30 Persen

15 Juni 2019, 13: 10: 59 WIB | editor : Perdana

SALAH SATU DESTINASI: Wisatawan lokal memadati kawasan Segaran Taman Balekambang saat libur Lebaran kemarin. Kunjungan wisata di Solo dan Jateng tumbuh signifikan.

SALAH SATU DESTINASI: Wisatawan lokal memadati kawasan Segaran Taman Balekambang saat libur Lebaran kemarin. Kunjungan wisata di Solo dan Jateng tumbuh signifikan. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Momen libur Lebaran memberikan dampak positif bagi semua sisi, termasuk sektor pariwisata. Selain pulang ke kampung halaman, pemudik juga melakukan aktivitas liburan ke sejumlah objek wisata di Kota Bengawan.

Wakil Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Jawa Tengah Daryono menjelaskan, selama momen Lebaran, tingkat kunjungan di Jateng, termasuk Kota Solo mengalami pertumbuhan cukup tinggi. Beberapa faktor menjadi pemicu. Salah satunya keberadaan Tol Trans Jawa.

”Untuk Jawa Tengah, sebelum Lebaran saya pantau kunjungan wisata naik 30 persen. Jika diakumulasi dengan Lebaran, tentunya bisa lebih. Karena volume pemudik yang pulang ke kampung halaman sangat tinggi. Peningkatan juga terjadi di Kota Solo dan sekitarnya. Data terakhir juga diangka 30 persen peningkatannya,” jelas Daryono kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (13/6).

Ditambahkan Daryono, Lebaran kali ini konsepnya mudik family. Karena bersamaan dengan masa libur sekolah. Banyak yang penasaran dengan jalur tol, serta giat reuni dan silahturahmi yang sedang naik daun. Namun, dari segi evaluasi, masih banyak pihak yang menyayangkan aktivitas “kalkulator rusak” di sejumlah pusat kuliner. Bahkan juga produk cenderamata dan batik.

Daryono berharap fenomena ini bisa menjadi bahan koreksi bagi semua pihak. Agar tidak banyak wisatawan yang kapok untuk datang lagi. Selain itu juga bisa menjadi testimoni yang baik.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DCP) Asita Surakarta Pri Siswanto menyebut keberadaan jalan tol memberikan warna baru bagi bisnis wisata di Kota Solo dan sekitarnya. Banyak wisawatan yang berlibur ke Kota Solo dengan paket one day tour. Pihaknya mengaku kemudahan akasesbilitas dengan adanya jalan tol membuat perjalanan wisatawan lebih cepat dan mudah.

”Tentunya momen Lebaran kemarin memberikan efek positif. Beberapa pusat perbelanjaan, kemudian heritage dan beberapa tempat edukasi banyak dikunjungi wisatawan. Terlihat dari porsi parkiran, banyak kendaraan pelat nomor dari luar kota. Ini kesempatan bagi kita untuk branding dan mengenalkan Kota Solo sebagai kota wisata yang unggul,” tandas Pri. (gis/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia