Rabu, 24 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

KTT Ngudi Rejeki Maju Tingkat Provinsi

15 Juni 2019, 16: 05: 59 WIB | editor : Perdana

DINILAI: Panitia lomba peternak sapi Pemprov Jateng

DINILAI: Panitia lomba peternak sapi Pemprov Jateng

Share this      

KARANGANYAR – Kelompok Tani Ternak (KTT) Ngudi Rejeki, Dusun Begajah, Kelurahan Popongan, Karanganyar maju ke tingkat provinisi dalam lomba peternak sapi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Tim penilai sudah meninjau lokasi peternakan kemarin (14/6). Poin yang dinilai mulai dari kondisi ternak, kandang, lingkungan sekitar, kesehatan ternak, dan pengelolaan limbah.

“Kami ingin melihat langsung pengelolaanya,” terang ketua tim penilai, Abdulah.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengapresiasi KTT Ngudi Rejeki yang berhasil maju di tingkat provinsi. Menurutnya, ternak sapi menjadi salah satu potensi Kabupaten Karanganyar. Beberapa kelompok ternak di Karanganyar sudah membuktikan hasil dari pengelolaannya.

“Kalau pupulasi kita masih kurang. Tapi untuk kebutuhan dari kelompok-kelompok tani pemerintah terus melakukan pembinaan dengan harapan kelompok tani itu bisa mengembangkan kelompoknya dan masyarakat khususnya yang ada di Karanganyar,” terangnya.

Ketua KTT Ngudi Rejeki Abdulah mengungkapkan, aset yang dimiliki oleh kelompok terseut sebanyak 28 sapi dan dalam pengelolaannya. Di mana 25 ekor sapi yang sebelumnya bersumber dari hibah bantuan Anggaran Pendapatan Belanja Negera (APBN), dan bantuan hibah dari pemkab Karanganyar Rp 30 juta. Sekarang mengembang menjadi 28 sapi.

Dalam pengembangnnya, Abdullah mengaku juga telah berhasil mengembangkan biogas yang digunakan untuk kebutuhan kelompok, kemudian pengembangan pupuk kompos, dan pengembangan tanaman.

“Semua itu kita kembangkan dari hasil pengolahan peternakan ini, kebutuhan kelompok juga dapat dicukupi dengan mengembangkan kelompok tani ternak,” tandasnya. (rud/adi)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia