Minggu, 21 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Perbaikan Jalur Pendakian Merbabu Terus Dikebut

15 Juni 2019, 17: 10: 59 WIB | editor : Perdana

KERJA KERAS: Perbaikan jalur pendakian Merbabu. 

KERJA KERAS: Perbaikan jalur pendakian Merbabu.  (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Keselamatan pendaki Gunung Merbabu harus diutamakan. Nah, sebelum jalur pendakian Merbabu dibuka untuk umum, terlebih dahulu diperbaiki. Karena memang, saat ini kondisinya rusak parah, licin, dan membahayakan .

Dalam perbaikan ini, Balai Taman Nasional Gunung (BTNG) Merbabu tak sendirian. Juga dibantu sukarelawan. Melibatkan puluhan personel gabungan. Perbaikan merambah lima jalur pendakian Merbabu. Yakni jalur Selo di Dukuh Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Boyolali. Lalu jalur Cunthel di Dukuh Cunthel, Kopeng, Kecamatan Getasan, serta jalur Thekelan di Dukuh Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Pernbaikan juga dikebut di jalur Suwanting di Dukuh Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan. Serta jalur Wekas, Dukuh Kedakan, Desa Kenalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Kepala Tata Usaha (TU) BNTG Merbabu Johan Setyawan mengatakan, perbaikan jalur tersebut dilakukan dengan memperbaiki tangga yang sudah hancur. ”Nanti kami akan bikin lagi undak-undakan yang baru di jalur itu,” ujarnya.

Sementara itu, pendakian ke Gunung Merbabu kembali dibuka Kamis pekan depan (20/6). Setelah sebelumnya ditutup untuk upaya konservasi alam selama sebulan terakhir. Selain perbaikan jalur, juga dilakukan penandaan batas dan pemasangan papan informasi. Serta pemasangan papan in memoriam di lokasi meninggalnya pendaki asal Selandia Baru Andrey Voytech, April lalu. Tepatnya di dekat pos 1 bayangan jalur Cunthel. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia