Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Travelling

Menikmati Pesona Alam Agrowisata Tretes Boyolali

16 Juni 2019, 17: 25: 59 WIB | editor : Perdana

Menikmati Pesona Alam Agrowisata Tretes Boyolali

Lereng Gunung Merapi dan Merbabu menyimpan pesona alam luar biasa. Banyak objek wisata di jalur Solo-Magelang, Selo, Boyolali yang sayang untuk dilewatkan.

HAMPIR setiap desa di kawasan sela-sela Gunung Merapi dan Merbabu atau yang dikenal Selo memiliki destinasi wisata dengan beragam keunikan. Salah satu yang sedang hit saat ini adalah Tretes Taman Tani di Desa Samiran.

Tretes Taman Tani atau disingkat Triple T berada di kaki Gunung Merapi wilayah Dusun Tretes, Desa Samiran. Agrowisata yang baru berumur 14 bulan ini berjarak sekitar 300 meter dari jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB). Tepatnya di utara kantor Balai Desa Selo. Objek wisata ini menawarkan sejuknya udara pegunungan serta keindahan panorama punggung Gunung Merapi sisi utara.

Tretes Taman Tani dibuka selama 24 jam. Sehingga pengunjung bisa camping yang dapat menampung sekitar 80 tenda. Meski terbilang sebagai objek wisata baru yang dirintis warga secara swadaya, fasilitas penunjang pariwisata di Tretes Taman Sari cukp lengkap.

Meliputi pos informasi, kantin, aula, musala, toilet, bangku-bangku taman, gazebo-gazebo di tengah kebun sayur. Dan satu gardu pandang untuk menikmati pemandangan kebun sayur maupun taman bunga di lahan seluas sekitar satu hektare. Sangat cocok untuk agrowisata yang ingin melihat suasar pertanian wilayah pegunungan.

Di Tretes Taman Tani, pengunjung juga dapat berjalan menyusuri pematang. Berupa jalan setapak berlantai semen di antara rimbunnya kebun sayur dan buah yang dipercantik dengan tanaman bunga berwarna-warni di sekelilingnya. Pengunjung juga bisa memanen sayur dan buah segar langsung dari kebun dengan harga yang lebih murah dari pasar.

Sayuran segar itu meliputi brokoli, loncang (daun bawang), jipan (labu siam), kol, wortel, kentang, cabe, tomat, bawang merah, dan paprika. Adapun tanaman buahnya meliputi tledong (kesemek), jambu biji, dan labu kuning.

”Harga wortel di Pasar Selo saat ini Rp 6.500 per kilogram. Di sini Rp 5.000 saja. Pengunjung bisa memanen dan memilih sendiri,” kata Supardi, salah satu pengelola Tretes Taman Tani.

Bagi rombongan pengunjung yang mengajak anak-anak, pengelola juga menawarkan layanan wisata edukasi. Seperti belajar menanam dan memanen sayur, cara memerah susu sapi, dan permainan outbound.

”Setiap akhir pekan, jumlah pengunjung berkisar 200 orang per hari. Pada hari kerja, kami juga sering kedatangan rombongan siswa taman kanak-kanak dan sekolah dasar dari Boyolali hingga eks Karesidenan Surakarta,” kata Supardi.

Menyambut musim libur Lebaran lalu, pengelola Tretes Taman Tani melengkapi wahana tambahan berupa lampion kain warna-warni berangka besi di sepanjang pematang kebun sayurnya. Dengan lampu-lampu lampion itu wisatawan bisa menikmati syahdunya suasana malam hari di tengah kebun sayur di kaki Gunung Merapi. (wid/adi)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia