Rabu, 24 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Travelling

Menikmati Sunset di Atas Gardu Pandang Gancik Hill Top

16 Juni 2019, 14: 30: 59 WIB | editor : Perdana

Menikmati Sunset di Atas Gardu Pandang Gancik Hill Top

SELAIN agrowisata Tretes Taman Tani, tak lengkap rasanya jika belum mampir ke Gancik Hill Top atau Gardu Pandang Bukit Gancik. Lokasinya berada di lereng Gunung Merbabu, Dusun Selo, Desa Selo.

Bertengger di ketinggian sekitar 1.850 meter di atas permukaan laut (mdpl), objek wisata yang dikelola warga secara swadaya sejak 2016 itu termasuk salah satu objek wisata tertinggi di Boyolali.

Ada dua jalan menuju Gancik Hill Top, keduanya mengapit Selo Pass Resort. Dari arah timur (Boyolali), dua jalan itu berada di sisi kanan jalur SSB, beberapa ratus meter sebelum kantor Kecamatan Selo. Tidak sulit menemukan papan penunjuk arah ke Gancik Hill Top. Sebab, Gancik Hill Top sebagai gerbangnya jalur pendakian Merbabu via Selo, satu-satunya jalur pendakian Merbabu di Boyolali.

Dari jalur SSB, Gancik Hill Top berjarak sekitar tiga kilometer. Setelah melalui jalan desa yang berkelok dengan tanjakan yang lumayan curam, kendaraan pribadi harus parkir di lahan yang disediakan di RT 4 RW 1 Dusun Selo (sekitar basecamp pendakian Gunung Merbabu). Tarif parkirnya sangat terjangkau. Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Di lokasi parkir, pengunjung juga akan ditarik tiket masuk Rp 5.000 per orang, baik saat hari biasa maupun saat hari libur.

Wahana utama Gancik Hill Top adalah dua menara pandang berketinggian sekitar 10 meter. Saling terhubung oleh sebuah jembatan berpagar pipa besi yang melintang di atas jalur pendakian. Saat cuaca cerah dan tidak berkabut, traveler bisa menikmati keelokan panorama Gunung Merapi secara utuh di sisi selatan dan puncak Gunung Lawu di sisi timur.

”Sebagian pengunjung memilih ke sini pada pagi hari demi menyaksikan matahari terbit dari balik puncak Gunung Lawu yang berada di perbatasan Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah), Ngawi, dan Magetan (Jawa Timur),” kata Ngatun, 47 tahun, salah satu pengelola Gancik Hill Top.

Selain dua menara pandang, Gancik Hill Top juga memiliki satu menara lagi untuk wahana sepeda gantung. Dengan membayar tiket Rp 15.000 per orang, pengunjung dapat merasakan serunya sensasi bersepeda di atas tali baja sepanjang sekitar 30 meter dan berketinggian sekitar 8 meter. Selain itu juga terdapat patung harimau raksasa yang kerap dipilih pengunjung untuk berswafoto.

“Kalau musim libur panjang, jumlah pengunjung Gancik Hill Top (termasuk pendaki Merbabu) bisa mencapai 1.000 orang per hari,” kata Ngatun.

Rencananya pengelola akan menambah wahana wisata baru seperti flying fox, camping ground, dan lain-lain. (wid/adi)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia