Rabu, 24 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Brownies Tauge Lezat ala Mahasiswa UNISRI

17 Juni 2019, 15: 17: 27 WIB | editor : Perdana

INOVATIF: Mahasiswa UNISRI dan kue brownies cokelat kreasi mereka yang terbuat dari bahan dasar tauge.

INOVATIF: Mahasiswa UNISRI dan kue brownies cokelat kreasi mereka yang terbuat dari bahan dasar tauge. (SEPTINA FADIA P/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Meski banyak manfaatnya, tidak banyak orang menggemari tauge. Sayuran kecambah ini sering disisihkan. Padahal manfaat tauge cukup besar. Selain meningkatkan kesuburan, juga kaya vitamin E. Nah, di tangan mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta, tauge diolah menjadi kue brownies cokelat yang nikmat.

Namanya brownies tauge coklat alias brotaca. Hasil kreasi Theresia Gangga Rasya Mahandika, Arum Aisyah, Warjito, dan dua mahasiswa UNISRI lainnya. ”Saat dimakan, taugenya tidak terasa sama sekali. Ya rasanya seperti makan brownies cokelat biasa. Manis. Tapi tidak terlalu eneg karena ada campuran tauge,” kata Theresia Gangga Rasya Mahandika kepada Jawa Pos Radar Solo.

Cara membuatnya, tauge dihaluskan dengan blender. Campur sendok makan tauge yang sudah dihaluskan dalam satu adonan dengan 4 sendok makan tepung terigu, 4 sendok makan gula, 1 butir telur, vanili, baking soda, 3 sendok makan bubuk cokelat, 3 sendok makan susu kental manis, dan minyak. Adonan ini bisa menghasilkan 12 cup kecil brownies.

”Kelebihannya banyak serat dan protein. Kalau brownies biasa kan hanya rasa manis dan kaya lemak. Malah bisa tambah berat badan. Kalau brotaca, karena mengandung sayuran, bisa menjadi camilan bermanfaat,” sambungnya.

Brotaca ini sangat baik dikonsumsi anak-anak. Sebab, tauge juga berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi. Ditambah rasa manis dari cokelat, bisa membangun mood. ”Sudah kami minta teman-teman yang tidak suka tauge mencoba brownies ini. Mereka bilang enak. Selain itu, rasa manisnya pas. Sehingga bisa dimakan berkali-kali,” imbuh Arum Aisyah.

Atas inovasinya ini, mereka berhasil lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan 2018. Menurut Arum, meskipun tauge sering digunakan untuk bahan soto, ketoprak, dan menu makanan lainnya, namun tidak semua orang menyukainya. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap tauge.

”Kami akan menguji kadar kandungan lainnya. Selama ini tauge hanya dikenal untuk meningkatkan kesuburan. Padahal tak hanya itu, tauge juga berguna untuk memperlancar pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh,” beber Warjito.

Brotaca saat ini sudah diproduksi dan dipasarkan. Pemasaran masih di sekitar lingkungan kampus dan keluarga. Warjito dkk juga membuka sistem pre-order bagi masyarakat yang ingin mencicipi brownies tauge ini. Di beberapa event kuliner kampus, Brotaca pun mulai dikenalkan sebagai makanan sehat. (aya/adi)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia