Jumat, 15 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Kunjungan Wisata Tak Capai Target

17 Juni 2019, 16: 10: 05 WIB | editor : Perdana

LIBUR LEBARAN: Wisatawan memadati objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri pekan lalu.

LIBUR LEBARAN: Wisatawan memadati objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri pekan lalu. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Gebyar Lebaran selama 10 hari setelah Idul Fitri di objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) usai, Jumat (14/6). Jumlah pengunjung hanya 75 ribuan orang. Jumlah tersebut meleset dari target sebanyak 90 ribu pengunjung. 

Sekretaris Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata Wonogiri Fredy Sasono mengakui pendapatan selama gebyar Lebaran di WGM tidak sesuai target. Dari target 90 ribu pengunjung hanya mendapatkan 75 ribu pengunjung.

”Ya tidak bisa target, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi,” kata Fredy kemarin, (16/6).

Menurut Fredy, faktor pertama yakni tenar tidaknya obyek wisata itu. Kemudian yang kedua yakni kenyamanan obyek wisata. Lalu yang ketiga adalah harga tiket masuk dan fasilitas yang didapatkan.

”Untuk tiga faktor ini kita bisa penuhi, WGM cukup viral, nyaman sapta pesona terpenuhi dan tiketnya juga tidak mahal dibanding wisata di sekitar Solo,” kata Fredy. 

Namun ada faktor keempat yakni faktor eksternal. Dalam hal ini waktu libur Lebaran yang tidak bersamaan dengan libur sekolah. Setelah Lebaran, ada jeda waktu 1 pekan untuk libur sekolah.

”Jadi waktu mudik itu pada kembali ke perantauan dulu, karena sekolah kan masuk. Jeda sepekan baru libur lagi,” kata dia. 

Lebih lanjut Fredy menyebut pengunjung mulai memadati WGM pada Sabtu (15/6) lalu. Kemudian pada Minggu (16/6) kemarin diprediksi akan lebih dari 5.000 pengunjung.

”Kalau objek wisata yang lain seperti Air Terjun Girimanik, Slogohimo; Pantai Sembukan, Parangupito; dan Gua Putri Kencono cukup bagus, hanya kawasa Museum Karts yang tidak mencapai target,” katanya. (kwl/adi)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia