Rabu, 17 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Jalur Cetho Mulai Diminati

17 Juni 2019, 16: 20: 04 WIB | editor : Perdana

PETUALANG: Sejumlah pendaki bersiap mendaki Gunung Lawu melalui Jalur Cetho, Kecamatan Jenawi.

PETUALANG: Sejumlah pendaki bersiap mendaki Gunung Lawu melalui Jalur Cetho, Kecamatan Jenawi. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Selama libur Lebaran, ribuan pendaki dari berbagai daerah mendaki puncak Gunung Lawu. Pendaki paling banyak mencoba Jalur Cetho, di Jenawi.

Mereka mayoritas dari kalangan pemuda. Dari pantauan, mereka terlihat sedang istirahat usai melakukan pendakian sejak pekan lalu. Baik dari jalur pendakian Cetho, maupun Cemoro Kandang. Bahkan beberapa pengunjung lainnya baru melakukan pendakian akhir pekan ini.

Salah seorang anggota Anak Gunung Lawu (AGL) Budi mengungkapkan, sejak H+2 Lebaran kemarin pendakian Gunung Lawu dari Cemoro Kandang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Jalur Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur juga terpantau dipadati ratusan pendaki dari beberapa daerah.

”Kalau ramainya itu setelah Lebaran H+3. Hampir setiap hari ada orang yang naik. Itu baru dari satu pintu, belum dari pintu yang Cetho, Jenawi. Karena di sana paling banyak diminati,” terang Budi.

Sunardi salah seorang petugas Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Karanganyar mengungkapkan, lonjakan kenaikan wisata pendakian Gunung Lawu saat ini semakin meningkat dibanding hari biasanya.

Dari data yang tercatat, sampai dengan 16 Juni, pendaki Gunung Lawu dari jalur Cetho tembus 2.597 orang. Sedangkan yang dari Jalur Cemoro Kandang sekitar 366 pendaki.

”Ya yang paling ramai itu memang dari Candi Cetho. Karena jalurnya yang enak dan banyak pemandangan selama menuju puncak Lawu,” jelasnya. (rud/adi)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia