Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Subsidi BST Berlaku Mulai 2020

18 Juni 2019, 19: 57: 24 WIB | editor : Perdana

TETAP JALAN: Operasional BST bakal mendapat subsidi dari pemerintah.

TETAP JALAN: Operasional BST bakal mendapat subsidi dari pemerintah. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Permohonan subsidi manajemen PT Bengawan Solo Trans (BST) mendapat respon positif. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersiap melakukan survei untuk mengakomodasi keinginan tersebut. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta Hari Prihatno mengatakan, subsidi tersebut masih dalam tahap pengkajian. Program tersebut biasa disebut buy the service. 

“Jadi pemerintah membeli layanan BST ke perusahaan. Nanti penyusutan aset akan dihitung karena pengadaan kendaraan dari pengusaha, sementara kalau aset milik pemkot, penyusutan tidak dihitung,” katanya, Senin (17/6).

Hari menyebut, detail kerja sama akan dipaparkan dalam pertemuan selanjutnya. Program buy the service bakal diberlakukan di lima kota, salah satunya Solo. Rencananya Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat akan melakukan survei tahun ini. Sehingga diharapkan program tersebut mulai berlaku 2020. 

Menurutnya, rencana pembelian layanan BST tersebut sejalan dengan program pengembangan transportasi massal yang dijalankan pemerintah pusat. Kemenhub sudah tidak lagi membantu dalam bentuk fisik, seperti pengadaan armada, melainkan biaya operasional.

“Skema buy the service memungkinkan operasional tujuh koridor seperti desain penataan transportasi massal di Solo. Kami akan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar, Boyolali, dan Sukoharjo karena tiga koridor itu melewati wilayah mereka,” terangnya.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo membenarkan wacana buy the service. Dia menjelaskan bahwa Solo menjadi satu-satunya kota di Jawa Tengah yang melaksanakan program tersebut. Program itu secara kebetulan sesuai dengan permintaan subsidi yang disampaikan manajemen PT BST kepada pemkot. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia