Minggu, 21 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Pulau Jalan di Karangturi Bikin Macet

19 Juni 2019, 15: 10: 59 WIB | editor : Perdana

SEGERA DIRAMPINGKAN: Petugas Bina Marga Jateng dan Dishub Wonogiri mengukur jalan di  simpang tiga Karangturi.

SEGERA DIRAMPINGKAN: Petugas Bina Marga Jateng dan Dishub Wonogiri mengukur jalan di  simpang tiga Karangturi. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri mengevaluasi posisi pulau jalan di simpang tiga Karangturi, Kecamatan Tirtomoyo yang bentuknya terlalu lebar. Kondisi tersebut menyebabkan kendaraan sulit bermanuver dan akhirnya jadi biang kemacetan.

Simpang tiga Karangturi tersebut menghubungkan Nguntoronadi arah Wonogiri Kota, Tirtomoyo dan Baturetno. "Dulu sebelum kendaraan padat (jalan, Red) terasa luas. Tapi sekarang lalu lintas sudah padat. Waktu Lebaran kemarin sering tersendat," kata Suradi, 45, warga setempat. 

Diakui Suradi, pulau jalan cukup membantu pengguna jalan memilih arah. Namun karena ukurannya dinilai terlalu besar akhirnya malah mengganggu arus lalu lintas. "Ya kalau dikecilkan (pulau jalan, Red) masih bisa (dipertahankan, Red). Supaya jalan bisa lebih longgar," katanya. 

Gayung bersambut, Kepala Dishub Wonogiri Ismiyanto berencana mengajukan perampingan pulau jalan di Karangturi. “Kami sudah berkoordinasi dengan Bina Marga Provinsi Jateng. Karena itu (kawasan Karangturi, Red) jalan provinsi," jelas dia. 

Kepala dishub sepakat bahwa ukuran pulau jalan terlalu lebar dan sudah tidak relevan dengan kondisi lalu lintas terkini. Perampingan pulau jalan diharapkan bisa membuat jalan lebih lebar dan memudahkan kendaraan, terutama bus bermanuver. 

"Selain dirampingkan juga dipercantik, supaya enak dilihat. Kalau dilihat kondisi saat ini tidak terawat," ujarnya. 

Sebelumnya, pulau jalan di simpang empat Ngadirojo tepatnya di depan Pasar Ngadirojo juga sudah dirampingkan. Menyusul, pulau jalan di simpang tiga Cengkal, Wuryantoro. 

"Belum lama ini (pulau jalan Karangturi, Red) sudah diukur oleh Bina Marga Jateng, kita (dishub, Red) juga mendampingi. Harapannya tahun ini bisa direalisasi (rekondisi pulau jalan,” Red)," ucap Ismiyanto. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia