Selasa, 10 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

BPBD Gelar Simulai Antisipasi Erupsi Merapi

19 Juni 2019, 18: 05: 59 WIB | editor : Perdana

DIMATANGKAN: Simulasi BPBD Klaten di shelter Kebondalem Lor.

DIMATANGKAN: Simulasi BPBD Klaten di shelter Kebondalem Lor. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten terus mematangkan koordinasi internal. Mengantisipasi terjadinya erupsi Gunung Merapi. Paling gres, digelar simulasi internal atau gladi lapangan di sejumlah shelter pengungsian, kemarin (18/6). Mulai dari shelter Desa Kebondalem Lor, Kecamatan Prambanan; Desa Menden, Kecamatan Kebonarum; dan Desa Demak Ijo, Kecamatan Karangnongko.

”Kegiatan ini tindak lanjut penyusunan rencana kontinjensi erupsi Gunung Merapi. Kami matangkan dalam gladi lapangan. Harapannya dapat meningkatkan kapasitas teman-teman BPBD sendiri,” jelas Kabid Pencegahan dan Kesiapan BPBD Klaten Nur Tjahjono Suharto kepada Jawa Pos Radar Solo.

Kasi Kesiapsiagaan Bidang Pencegahan dan Kesiapan BPBD Klaten Puguh Hargo Wibowo menambahkan, simulasi juga melibatkan relawan. Serta tim reaksi cepat (TRC) dan Unit Layanan Disabilitas (ULD) Penanggulangan Bencana BPBD Klaten.

”Dalam simulasi ini kami tekankan pada koordinasi dan komunikasi. Kami gunakan handy talky (HT) saat koordinasi dengan pusdalops. Ternyata masih ada kendala. Sinyalnya kurang lancar,” jelas Puguh.

Terkait pengadaaan HT, telah dilakukan. Termasuk menyamakan frekuensi. Sebab HT merupakan alat komunikasi yang paling diandalkan. Terutama ketika berada di daerah yang tidak terjangkau sinyal smartphone.

”Penggunan HT juga berlaku di seluruh klaster. Sebelumnya pernah tiga kali simulasi. Khusus simulasi yang ditekankan pada komunikasi dan koordinasi,” ucap Puguh. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia