Jumat, 15 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Pascaheboh PPDB Nginap, Kepala SMPN 1 Tawangmangu Mendadak Dimutasi

19 Juni 2019, 20: 42: 00 WIB | editor : Perdana

SMP N 1 Tawangmangu

SMP N 1 Tawangmangu

Share this      

KARANGANYAR – Kepala SMPN 1 Tawangmangu Sudiro mendadak dipindahtugaskan. Dari jabatan kepala sekolah, dia dimutasi menjadi guru mata pelajaran di SMPN 1 Jumantono. 

Tidak hanya Sudiro, kepala SMPN 1 Jaten juga dimutasi menjadi guru di SMPN 1 Tawangmangu. ”Njih leres (iya betul, Red). Mutasinya tertanggal 13 Juni. Ada dua kepala sekolah yang dimutasi sesuai wewenang bupati,” ujar Kepala Disdikbud Karanganyar Tarsa. 

Belum diketahui penyebab pasti dipindahkannya Sudiro menjadi guru mata pelajaran matematika. Namun, disdikbud membantah jika pemindahan Sudiro itu terkait dengan proses pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMPN 1 Tawangmangu yang sempat jadi sorotan.

Di mana, para orang tua atau wali murid pada Rabu (12/6), terpaksa menginap di halaman sekolah untuk berebut kursi begitu pendaftaran dibuka keesokan harinya. Kejadian serupa juga hampir terjadi di SMPN 1 Jaten. Namun, tak sampai menginap, orang tua atau wali murid bisa dikondisikan malam itu juga dan akhirnya pulang ke rumah masing-masing. 

Bahkan, gara-gara insiden tersebut, pemkab akhirnya menunda pelaksanaan PPDB SMP di Karanganyar. ”Pemindahan itu bukan karena persoalan PPDB lho ya,” kata Tarsa.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Disdikbud Karanganyar Agus Haryanto. Agus menegasakan, mutasi terhadap Sudiro dan kepala SMPN 1 Jaten tidak berkaitan dengan PPDB.

“Itu karena masa kerjanya sudah lama dan yang bersangkutan juga sesuai dengan SIM sebagai guru matematika,” terang Agus. 

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono menjelaskan, mutasi atau pemindahan kepala sekolah tersebut wajar. Lantaran tugas sebagai kepala sekolah merupakan tugas tambahan dari guru. Sewaktu-waktu jabatan itu bisa ditarik dan kembali menjadi guru mata pelajaran. (rud/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia