Rabu, 17 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Wedang Semir Unisri Jaga Gula Darah

20 Juni 2019, 15: 10: 59 WIB | editor : Perdana

INOVATIF: Mahasiswa Unisri meracik wedang semir yang diklaim menjaga kadar gula dalam darah.

INOVATIF: Mahasiswa Unisri meracik wedang semir yang diklaim menjaga kadar gula dalam darah. (SEPTINA FADIA P/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Daun stevia dikenal sebagai altenatif pengganti gula bagi penderita diabetes. Oleh mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, daun stevia diracik jadi wedang semir. Diklaim mampu menjaga kadar gula dalam darah.

Wedang semir diracik Ardian Oky Pradana, Felia Ema Suhono, dan Ria Pertiwi. Dibimbing Dosen Unisri Akhmad Mustofa. 

”Kami membuat minuman seduh berupa wedang semir. Minuman ini campuran secang dan gambir. Kami tambahkan daun stevia sebagai pemanis alami. Wedang ini cocok untuk penderita diabetes,” kata Ardian Oky Pradana kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (19/6).

Daun stevia diklaim 300 kali lebih manis dibandingkan gula sukrosa. Selain itu juga rendah kalori. Hanya saja, tidak sembarangan mencampurnya dalam minuman. Takaran harus sesuai, karena jika terlalu banyak, justru terasa pahit.

”Dalam secangkir wedang semir, mengandung 0,5 persen stevia. Gambir 0,02 gram dan secang 0,08 gram. Wedang ini kami buat dalam bentuk serbuk dan diseduh dengan 250 mililiter air hangat,” jelas Oky.

Khasiat lainnya, secang mengandung antioksidan tinggi. Berbentuk seperti kayu berwarna merah. Sedangkan gambir adalah tumbuhan yang biasa dipakai untuk aktivitas nginang. Warnanya coklat. Mengandung katekin tinggi sebagai antioksidan dan antibakteri.

”Kalau sudah diseduh, wedang semir warnanya merah kecoklatan. Rasanya unik dan getir manis karena ada kandungan stevia. Juga bisa untuk diet dan dikonsumsi oleh mereka yang bukan penderits diabetes,” sambung Felia Ema Suhono.

Saat ini belum banyak masyarakat yang mengenal stevia. ”Tapi sekarang sudah ada beberapa brand komersil yang membuat produk dari stevia. Nah, wedang semir ini sekaligus mengenalkan masyarakat dengan daun stevia,” imbuh Felia.

Wedang semir ini membawa Oky dkk lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penelitian 2018. Mereka menjadi salah satu dari tiga tim PKM Unisri yang berhasil lolos mendapatkan pembiayaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). (aya/fer)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia