Selasa, 20 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Solo

KPU Belum Jalankan Keputusan Bawaslu Terkait Laporan Caleg

20 Juni 2019, 10: 35: 59 WIB | editor : Perdana

KPU Belum Jalankan Keputusan Bawaslu Terkait Laporan Caleg

SOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta  belum menjalankan putusan badan pengawas pemilu (bawaslu) setempat terkait hasil sidang laporan pelanggaran administrasi di 38 TPS di Kelurahan Nusukan, Banjarsari, pada Pemilu 2019,  dengan pelapor caleg PDIP Wawanto. Padahal, Rabu kemarin (19/6) merupakan batas akhir KPU menjalankan tugas tersebut.

Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti mengakui bahwa pihaknya belum  menjalankan putusan sidang Bawaslu Kota Surakarta terkait pelanggaran administrasi pemilu tersebut. KPU berdalih masih menunggu hasil konsultasi dengan KPU RI terkait kasus tersebut.

 “Kami saat ini masih konsultasi ke KPU RI di Jakarta. Kalau sudah ada hasil kami publikasikan ke media,” kata Nurul.

Hasil putusan KPU RI nanti akan diserahkan dulu ke KPU Jateng kemudian baru ke KPU Surakarta. “Saya kurang tahu kapan surat putusan dari KPU selesai. Selama belum ada surat keputusan, kami tidak akan menjalani perintah Bawaslu,” kata dia.

Mengenai hal itu, Ketua Bawaslu Kota Surakarta Budi Wahyono menuturkan secara regulasi memang KPU Surakarta seharusnya menjalankan putusan Bawaslu RI soal kasus aduan Wawanto tiga hari pascaputusan tersebut dibacakan. “Namun kemarin sore (Selasa), KPU mengirimkan surat kepada kami dan meminta tenggang waktu karena masih konsultasi ke tingkat atasnya,” paparnya.

Saat ini tinggal bagaimana penyikapan dari pelapor. Dia juga memiliki hak untuk mempertanyakan sampai mana kasus ini ditangani. Namun itu tertuju kepada KPU. Sebab, bawaslu saat ini sifatnya hanya mengawal putusan. (atn/bun)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia