Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Pemkot Prioritaskan untuk Lansia dan Difabel

22 Juni 2019, 11: 50: 59 WIB | editor : Perdana

BERSIH DAN NYAMAN: Rusunawa Mangkubumen siap ditempati.

BERSIH DAN NYAMAN: Rusunawa Mangkubumen siap ditempati. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemkot mulai membagikan tiga unit rumah susun sederhana sewa (rusunawa) kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) pekan ini. Warga terdampak pembangunan Underpass Transito menjadi salah satu penerima.

Tiga rusunawa tersebut adalah Mangkubumen, Putri Cempo Blok C, dan Putri Cempo Blok D. Rusunawa Mangkubumen terdiri dari 77 kamar, sementera Rusunawa Putri Cempo Blok C dan D sebanyak 116 kamar.

Kepala UPT Rumah Sewa Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Surakarta Iswan Fitradias Pengasuh mengatakan, rusunawa diprioritaskan bagi warga terdampak penataan kota. “Ada 26 warga terdampak penataan Underpass Transito yang akan kami bedol seluruhnya ke Rusunawa Mangkubumen. Kuncinya belum kami serahkan. Tapi, nama-nama penerimanya sudah ada,” urainya kemarin (21/6). 

Prioritas penghuni rusunawa juga menyasar para lanjut usia dan penyandang disabilitas. Mereka bakal ditempatkan di lantai dasar dan lantai satu. Warga umum yang belum memiliki rumah ikut kebagian. Masih tersisa beberapa kamar. 

Setelah menerima kunci, lanjutnya, warga diberi waktu sepekan untuk menempati rusunawa. Apabila jatah hunian tak segera ditempati, pemkot tak segan menarik kunci dan menyerahkannya kepada yang lebih berhak.

Itu karena pemkot tidak ingin mengulang pengalaman pada Rusunawa Putri Cempo Blok A dan B. Di dua rusun tersebut ada 20 unit kamar yang belum ditempati hingga beberapa bulan setelah menerima kunci. "Saat ini unit tersebut dihuni oleh warga yang sudah lama mengantre," terang Iswan.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo meminta calon penghuni rusunawa menjaga kebersihan dan menabung agar bisa membeli rumah. “Sesuai aturan, maksimal tinggal di rusunawa hanya lima tahun. Minimal menabung untuk DP rumah,” pintanya. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia