Minggu, 21 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Hasil Lab Keracunan Ayam Kremes Keluar, Semua Makanan Terpapar Bakteri

22 Juni 2019, 07: 10: 59 WIB | editor : Perdana

Hasil Lab Keracunan Ayam Kremes Keluar, Semua Makanan Terpapar Bakteri

WONOGIRI - Masih ingat kasus keracunan ayam kremes sambal di Baturetno, Wonogiri dengan korban rawat inap hingga 93 orang dan satu orang meninggal dunia pada Ramadan lalu? Saat ini, hasil uji laboratorium dari sampel makanan yang dibagikan saat acara Yasinan 40 hari itu sudah keluar.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonogiri Suprio Herianto mengatakan, berdasarkan hasil uji laboratorium, hampir seluruh sampel makanan terpapar bakteri yang menyebabkan keracunan.

”Namun, terutama pada lalapan timun, daun pepaya, dan sambal,” kata Suprio.

Kemudian, terkait korban keracunan yang meninggal, Suprio menyebut bahwa yang bersangkutan kekurangan elektrolit. “Sebab, gejala keracunan yang dialami korban tidak segera ditangani dengan baik sebelum dibawa ke rumah sakit,” papar Suprio.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 93 warga mengalami keracunan usai menyantap nasi box berisi ayam kremes, sambal, dan lalapan yang dibagikan usai acara Yasinan di salah satu rumah warga di Duwet Kidul, Baturetno Minggu (26/5). Mereka dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan (faskes).

Bahkan, ada satu korban yang meninggal dunia, yakni Poerwanto, 48, warga Duwet Lor RT 03 RW 16 Desa Baturetno. Peristiwa yang menggegerkan Baturetno itu masuk dalam kategori kejadian luar biasa (KLB). (kwl/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia