Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

114 Orang Kena DBD, Satu Balita Meninggal

23 Juni 2019, 10: 15: 59 WIB | editor : Perdana

DOOR TO DOOR: Petugas pemantau jentik cek lingkungan rumah warga pastikan bebas nyamuk aedes aegypti.

DOOR TO DOOR: Petugas pemantau jentik cek lingkungan rumah warga pastikan bebas nyamuk aedes aegypti. (RADAR SOLO PHOTO)

Share this      

SOLO – Memasuki pertengahan 2019, kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Solo terus meningkat. Hingga pekan ke-23, jumlah warga yang terserang penyakit bersumber dari gigitan nyamuk aedes aegypti sebanyak 114 orang. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Setyowati mengatakan, pada medio Januari hingga April, pertambahan pasien DBD sangat cepat. Mei hingga Juni ini meski tetap tinggi, perrtambahan kasus serupa tidak linier. 

"Kalau digambarkan dengan grafis seperti parabola. Kami berupaya menekan agar tidak bertambah dengan menggalakkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Selain itu, kami juga membuat edaran di masyarakat,” katanya, kemarin (22/6).

Setyowati menyebut ada kasus satu balita meninggal akibat DBD pada pertengahan Mei. Lantaran temuan kasus di tempat tinggal pasien tak lebih dari dua orang, maka tidak dilakukan fogging focus. 

Fogging atau pengasapan dilakukan apabila temuan kasus di lokasi lebih dari dua. Selain itu, berdasarkan penyelidikan epidemiologi (PE) di lingkungan pasien, angka kepadatan nyamuknya lebih dari lima persen. 

Pelaksanaan fogging tidak bisa dilakukan secara luas. Petugas hanya melakukan fogging dalam radius 200 meter. Dilakukan dalam dua siklus selama satu pekan. Fogging yang dilakukan dua kali bertujuan memberantas nyamuk-nyamuk dewasa.

Kepala DKK Surakarta Siti Wahyuningsih menambahkan, mengantisipasi  siklus mewabahnya DBD pada tahun ini, pihaknya memobilisasi gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) serentak hingga tingkat RT, mengoptimalkan juru pemantau jentik (jumantik), maupun melibatkan peran dokter kecil di sekolah. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia