Minggu, 21 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Sepak Bola
PERSIBA BALIKPAPAN vs PERSIS SOLO

Persis Pede Hadapi Beruang Madu

26 Juni 2019, 07: 05: 59 WIB | editor : Perdana

PALANG PINTU TANGGUH: Centerback Persis Solo Jodi Kustiawan diandalkan untuk meredam serangan Persiba Balikpapan di Stadion Batakan, sore ini.

PALANG PINTU TANGGUH: Centerback Persis Solo Jodi Kustiawan diandalkan untuk meredam serangan Persiba Balikpapan di Stadion Batakan, sore ini. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

BALIKPAPAN – Persis Solo mengawali Liga 2 musim ini dengan capaian positif. Satu poin dibawa pulang tim berjuluk Laskar Sambernyawa itu dari Stadion Aji Imbut, markas Mitra Kukar, Sabtu (22/6). Torehan ini jadi bekal berharga bagi skuad Agus Yuwono (AY) menghadapi Persiba Balikpapan di Stadion Batakan, sore ini.

Kubu tamu cukup pede (percaya diri) menghadapi Beruang Madu (sebutan Persiba Balikpapan). Di luar dugaan, Persiba tumbang di tangan tamunya PSIM Jogja, Sabtu (22/6), via gol semata wayang winger Rosi Noprihanis. Hasil ini praktis mempertebal motivasi Tegar Hening Pangestu dkk untuk mengulang sukses PSIM.

”Skuad Persiba sangat berbeda dengan Mitra Kukar. Karena mereka punya karakteristik permainan sendiri. Ini yang harus kami waspadai,” ucap Agus Yuwono kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (25/6).

OPTIMISTIS: Sesi latihan Persis Solo di Stadion Batakan Balikpapan.

OPTIMISTIS: Sesi latihan Persis Solo di Stadion Batakan Balikpapan.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada Divisi Utama musim kompetisi 2007. Kedua tim sama-sama mengalahkan. Kala itu, Agung Setyabudi dkk menang 2-0 di Stadion Manahan. Giliran tandang ke markas Persiba, Persis malah dicukur dengan skor telak 1-4.

”Persiba tim bagus dan punya sejarah panjang. Saat saya masih bermain pun, Persiba sudah dicap sebagai tim bagus. Tapi target kami bisa promosi ke Liga 1. Artinya, setiap laga harus bisa berbuah poin. Termasuk di kandang Persiba besok (hari ini),” imbuh AY.

Mengamankan satu poin, tidak banyak rotasi yang akan diterapkan AY. Komposisi pemain saat menahan imbang Mitra Kukar kemungkinan tidak mengalami perubahan. Ugiek Sugiarto masih diplot sebagai lone striker. Ditopang pergerakan trio gelandang serang Slamet Budiono, Nanang Asripin, dan Iman Budi Hernandi. ”Siapa pun yang tampil harus bisa fight,” tegas pelatih asal Malang, Jawa Timur tersebut.

Ke-pede-an juga dilontarkan centerback Persis Susanto. Dia dan rekan-rekannya optimistis bisa membawa pulang poin di laga ini. Namun, dia berpesan agar pemain Persis tetap berpijak di bumi. Karena overconfidence bisa menghancurkan permainan di lapangan.

”Semua pemain dalam kondisi percaya diri menghadapi pertandingan besok (hari ini). Hasil satu poin di kandang Mitra Kukar jadi bekal positif. Tapi kami harus tetap konsentrasi menghadapi siapa pun lawan. Persiba pasti akan bangkit setelah kemarin mereka kalah dari PSIM,” demikian pesan Susanto.

Sementara itu dari kubu lawan, head coach Persiba Salahudin memastikan timnya sudah move on dari kekalahan atas PSIM. Hasil buruk di laga perdana kemarin justru jadi cambuk untuk berbenah. ”Poin penuh harus kami raih, untuk menebus kekalahan kemarin. Apalagi kami tampil di kandang sendiri. Momen kemarin tak perlu disesali, tidak boleh putus asa. Persis siap jadi pengganti poin kami yang hilang kemarin,” koar Salahudin.

Eks pelatih Madura FC ini menilai Persis bukan tim kacangan yang mudah dikalahkan. Selain nama besar, juga dihuni deretan pemain mumpuni. ”Materi pemain mereka bagus. Mitra Kukar saja berhasil ditahan seri. Tapi saya yakin Persiba bisa lebih bagus dari mereka,” ungkapnya. (nik/fer/bun)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia