Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Nasional

DPD Uji Sahih RUU Lansia

27 Juni 2019, 06: 10: 59 WIB | editor : Perdana

GODOK KEBIJAKAN: Komite III DPD RI uji sahih RUU Lansia di kampus UNS

GODOK KEBIJAKAN: Komite III DPD RI uji sahih RUU Lansia di kampus UNS (DPD RI FOR JAWA POS RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melakukan kunjungan kerja dalam rangka uji sahih Rancangan Undang-Undang tentang Lanjut Usia (RUU Lansia) di Universitas Sebelas Maret (UNS), Selasa (25/6). Kegiatan bertujuan menyosialisasikan RUU yang diinisiasi oleh DPD.

Rombongan Komite III DPD yang dipimpin Wakil Ketua Komite III Dr. Abdul Aziz Khafia diterima Ketua LPPM UNS Prof. Dr. Widodo Muktiyo, serta anggota DPD dari daerah pemilihan (dapil)  Jawa Tengah GKR Ayu Koes Indriyah.

“Undang-Undang Nomor 13/1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia sudah berumur lebih dari 20 tahun. Keberadaannya dianggap kurang relevan, sehingga perlu dilakukan sejumlah perubahan dan perbaikan,” terangAbdul Aziz Khafia. 

Menurutnya, uji sahih tersebut guna memperoleh aspirasi, gagasan, dan pemikiran terhadap RUU Lanjut Usia. Kegiatan tersebut diapresiasi Widodo Muktiyo agar layanan terhadap lansia semakin baik.

Berdasarkan hasil pemaparan dan diskusi, terdapat beberapa poin pentingnya dilakukan perubahan atas UU tentang Kesejahteraan Lansia. Di antaranya pentingnya pengelompokkan lansia sesuai karakter yang dimilikinya, perlu adanya perlindungan sosial dan pemberdayaan lansia yang lebih komprehensif dan terpadu. 

Selanjutnya, pembagian peran pemerintah pusat dan daerah dalam pemberian layanan lansia, pembangunan berbasis keluarga dan komunitas dalam pemberian layanan jangka panjang bagi lansia (Long Term Care), dan perlu adanya penambahan ketentuan tentang sanksi. (sct/wa)

(rs/it/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia