Kamis, 23 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Grosir Seragam Sekolah Tambah Stok

Permintaan Membeludak, Didominasi Siswa SD

27 Juni 2019, 14: 10: 59 WIB | editor : Perdana

KEJAR TARGET: Pekerja menyelesaikan pembuatan batik sablon untuk seragam sekolah di kawasan Tipes, Laweyan, Solo, kemarin (26/06). Permintaan seragam sekolah tercatat naik.

KEJAR TARGET: Pekerja menyelesaikan pembuatan batik sablon untuk seragam sekolah di kawasan Tipes, Laweyan, Solo, kemarin (26/06). Permintaan seragam sekolah tercatat naik. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Tahun ajaran baru segera tiba. Momentum ini membawa berkah bagi produsen maupun toko seragam sekolah. Mengantisipasi membeludaknya permintaan, sejumlah toko dan grosir seragam sekolah mulai melakukan penambahan stok.

Ika Ratih Damayanto pengelola toko seragam Mardi Rahayu mengaku sudah ada peningkatan pembeli yang datang. Pihaknya saat ini sudah menghitung kalkusi stok yang harus ditambah. Memang, permintaan didominasi seragam sekolah dasar (SD). Namun stok seragam lain juga ditambah. Yakni seragam SMP, SMA, dan pramuka. Tersedia dalam berbagai ukuran kemeja, celana, dan rok.

”Penambahan stok berapa, hanya perkiraan saja. Kira-kira cukup apa tidak. Kalau sekiranya tidak mencukupi, kami langsung mengirim bahan kain ke beberapa penjahit home industri di sekitar toko. Hitungannya gulungan kain. Kalau mendekati tahun ajaran baru, memang cepat habisnya,” jelas Damayanti kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (26/6).

Puncak pembelian seragam bakal terjadi 1-2 pekan jelang masuk sekolah. Sebab ada beberapa siswa yang msih menunggu Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS). Namun, sampai saat ini, belum ada pengumuman terkait jadwal pencairan BPMKS.

Sementara itu, staf Toko Seragam Bharata Dinda Febriasari juga mengaku ada peningkatan pembelian. Meski peningkatan tidak terlalu banyak, saat ini sejumlah staf sudah mulai lembur membuat seragam untuk stok. Meski hanya menerima pembelian eceran, biasanya banyak orang tua yang membeli seragam satu set. Baik segaram SD, SMP, atau SMA.

”Harga tidak ada kenaikan, sama seperti biasanya. Kemeja lengan pendek dan panjang dari harga Rp 40 ribu. Kemudian celana pendek mulai Rp 60 ribu. Celana panjang Rp 70 ribu. Harga rok mulai Rp 50 ribu,” bebernya. (gis/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia