Senin, 23 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Warga Terdampak Underpass Transito Sudah Kantongi Kunci Rusunawa

29 Juni 2019, 13: 09: 17 WIB | editor : Perdana

BERSIH: Rusunawa Mojosongo digunakan untuk hunian sementara warga terdampak penataan Transito.

BERSIH: Rusunawa Mojosongo digunakan untuk hunian sementara warga terdampak penataan Transito. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Sebanyak 16 dari 17 warga terdampak penataan Jalan Transito, Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan telah mengambil kunci rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Mojosongo. Sebagian dari mereka sudah bersih-bersih rusunawa agar lebih nyaman ketika ditempati. 

Sugiman, calon penghuni mengaku telah mengambil kunci rusunawa beberapa hari lalu. "Nanti per bulannya (biaya sewa, Red) Rp 100 ribu. Belum termasuk listrik dan air," terangnya, Jumat (28/6).

Menurutnya, kondisi rusunawa yang ditawarkan dalam kondis baik dan belum pernah dipakai. Fasilitasnya yakni dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. 

"Kalau mau ditempati sudah bisa. Kuncinya sudah saya pegang. Tapi pindahnya nanti saja tunggu teman-teman lainnya," ujar dia. 

Warga lainnya Sumini menyatakan baru saja membersihkan rusunawa yang menjadi jatehnya. Dia bersyukur kebijakan pemkot berpihak kepada orang tidak mampu. "Saya ini janda anak enam. Untung sudah mentas semua. Nanti di rusun tinggal bersama anak,” jelasnya.

Sumini tak ragu segera pindah ke rusunawa. Sebab, jauh lebih nyaman dibandingkan hunian lamanya di bantaran rel kereta api kawasan Transito. "Di rusun kamarnya ada dua, sudah ada kasurnya. Satu spring bed dan satu kasur tingkat. Kamar mandinya juga bersih, ada shower-nya dan kloset duduk. Ruang tamu sudah ada meja kursinya. Paling tinggal ngisi dapur," urainya.

Mengingat Sumini terkategori lanjut usia (lansia), dia mendapatkan rusun di lantai satu. Warga lainnya diarahkan ke lantai dua hingga empat. 

Kasi Penataan Bidang PKL Dinas Perdagangan (Disdag) Surakarta Handoko mengatakan, warga Transito yang sudah mengantongi kuncu Rusunawa Mojosongo dapat segera memanfaatkan fasilitas tersebut. "Beberapa warga sudah bersih-bersih dan menata kamar masing-masing," pungkasnya. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia