Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Taman Cerdas Gilingan Senilai Rp 4 Miliar

29 Juni 2019, 14: 16: 53 WIB | editor : Perdana

FASILITAS PUBLIK: Wali Kota Rudy (dua dari kanan) dan Wakil Wali Kota Achmad Purnono (kanan) letakkan batu pertama pembangunan Taman Cerdas Gilingan.

FASILITAS PUBLIK: Wali Kota Rudy (dua dari kanan) dan Wakil Wali Kota Achmad Purnono (kanan) letakkan batu pertama pembangunan Taman Cerdas Gilingan. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Ketersediaan ruang edukasi yang ramah anak menjadi prioritas pemkot. Sebab itu, anggaran miliaran rupiah digelontorkan untuk mewujudkannya. Di antaranya dengan membangun Taman Cerdas Gilingan.

Peletakan batu pertama fasilitas tersebut dilakukan Wali Kota-Wakil Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo-Achmad Purnono bersama unsur forkompimda kemarin (28/6).

Pemkot optimistis pembangunan taman cerdas yang menelan anggaran lebih dari Rp 4 miliar tersebut bisa rampung tahun depan. Menurut wali kota, taman cerdas menjadi prioritas guna memenuhi hak anak, khususnya di Kelurahan Gilingan.

"Ini harus segera direalisasikan. Pembangunan tahap pertama anggarannya Rp 1,7 miliar dan target selesai 2019," ungkapnya. 

Rampung pembangunan tahap pertama, menyusul tahap kedua senilai Rp Rp 2,6 miliar di 2020.

"Kami harap pengerjaannya bisa tepat waktu biar segera bisa dimanfaatkan anak-anak untuk bermain sembari belajar," terang Rudy.

Lurah Gilingan Joko Partono mendukung pembangunan taman cerdas yang memanfaatkan lahan kosong dekat perpustakaan pribadi warga. Selain itu, posisinya tak jauh dari tiga sekolah dasar diharapkan dapat memaksimalkan kegiatan belajar mengajar.

"Anak-anak bisa bermain dan memaksimalkan pembelajaran di sana. Terlebih sekolahan di sana juga minim lapangan, jadi bisa saling bersinergi," kata Joko.

Sekadar informasi, sekitar tahun 2000, pemkot mulai menginisiasi perbaikan ruang publik agar makin ramah anak. Di antaranya dengan pembuatan taman cerdas di berbagai sudut kota, terutama perkumiman padat penduduk.

Periode 2007-2008, ada enam taman cerdas  dioperasikan. Mulai dari Taman Cerdas Pajang, Sumber, Kadipiro, Mojosongo, Joyontakan, dan Taman cerdas Gandekan. Tahun-tahun selanjutnya pembangunan taman cerdas makin masif dilakukan hingga muncul ikon baru seperti Taman Cerdas Soekarno-Hata di Kelurahan Jebres dan Taman Cerdas Nusukan.  (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia