Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Rutan Overload, 10 Napi Dipindah

01 Juli 2019, 16: 08: 35 WIB | editor : Perdana

PINDAH RUMAH: Sepuluh napi Rutan Kelas IA Surakarta, yang dipindah ke Lapas Sragen.

PINDAH RUMAH: Sepuluh napi Rutan Kelas IA Surakarta, yang dipindah ke Lapas Sragen. (ANTONIUS CHRISTIAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Kondisi Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IA Surakarta yang overload, membuat para sipir akhirnya bersikap. Sedikitnya 10 warga binaan dari Rutan Solo dipindahkan ke Lapas Sragen, Minggu (30/6) pagi. Pemindahan ini dilakukan karena lapas tujuan dinilai masih lenggang untuk bisa menampung napi asal Solo.

Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Kelas IA Surakarta, Andi Rahmanto menuturkan sepuluh warga binaan yang dipindahkan, semuanya pria dan merupakan tahanan lama. ”Rata-rata mendapat vonis di atas lima tahun, hingga 12 tahun,” ujar Andi.

Dia menjelaskan warga binaan yang dikirim diataranya enam narapidana kasus narkotika, dan empat merupakan pidana umum. 

”Sebelum kita kirim, sudah dilakukan pendataan, penecekan barang yang dibawa, hingga kondisi kesehatan mereka. Sehingga kita pastikan aman. Untuk keluarga warga binaan rencananya akan kami beritahu kalau sudah dipindahkan. Dan tentu keluarga bisa datang menjenguk nantinya,” paparnya.

Ditambahkan Andi, saat pemindahan berlangsung dilakukan pengawalan ketat dari petugas rutan Solo dan Sragen, serta aparat kepolisian. Rutan Surakarta ke Lapas Sragen sebagai salah satu upaya untuk mengurangi over crouwded yang terjadi di Rutan Kota Solo.

Andi menjabarkan, kondisi kapasitas rumah tahan ini dengan jumlah warga binaan memang tidak layak. Jumlah semestiya untuk 298 orang, tapi kenyataannya dua kali lipat lebih, yakni 651 orang warga binaan saat ini. 

”Kondisi overload ini karena selain menampung napi dari wilayah Solo, kita juga menampung warga binaan dari Sukoharjo dan Karanganyar. Untuk pencegahan, langkahnya dengan melakukan pengecekan, maupun patroli petugas secara bergiliran dengan pola keamanan khusus,” pungkas Andi. (atn/nik)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia