Senin, 16 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Aspal Dikeruk, Jalan A Yani Satu Arah

01 Juli 2019, 17: 15: 08 WIB | editor : Perdana

Aspal Dikeruk, Jalan A Yani Satu Arah

WONOGIRI – Setelah dibuka dua jalur H-14 Idul Fitri lalu, jalan A. Yani Wonogiri akan kembali diterapkan satu arah. Pasalnya, aspal di bawah Kretek Bang akan mulai dikeruk.

Kepala Dinas Perhubungan Wonogiri Ismiyanto melalui Kepala Bidang Angkutan, Teknik, Sarana Dan Prasarana Sudarno mengatakan, pemberlakuan satu arah jalan A. Yani dimulai Senin ini (1/7) seiring dengan dilanjutkannya pembangunan Kretek Bang.

”Aspal yang tepat di bawah kretek bang akan dikeruk,” kata Sudarno, Minggu (30/6).

Dijelaksan, alat berat akan diterjunkan untuk melakukan pengerukan jalan. Guna kenyamanan pengerjaan dan keamanan lalu lintas, dilakukan rekayasa lalu lintas dengan membuat jalan A Yani satu arah.

”Kita rekayasa, hanya kendaraan yang keluar dari arah Wonogiri kota saja yang bisa melintas,” kata Sudarno.

Dijelaskan Sudarno, rekayasa lalu lintas dilakukan seperti sejak awal proyek ini dimuali. Yakni, kendaraan dari arah Solo ke Wonogiri kota, Ngadirojo dan Wuryantoro dari lampu merah Klampisan lurus melalui jalan Brigjen Katamso ke arah Agraria. Kemudian, dari arah Giriwono, ke arah Wonogiri kota, Ngadirojo dan Wuryantoro, harus belok kiri di lampu merah Metro Alas Kethu. Kemudian melintasi perlintasan sebidang Alas Kethu ke arah Agraria.

”Untuk yang ke arah Solo tetap melalui jalan utama seperti biasa. Untuk dari lampu merah Klampisan ke arah Giriwono masih bisa fleksibel, masih boleh dua arah. Namun, kalau mau ke kota ya tetap melalui lampu merah Metro Alas Kethu, belok kiri,” katanya.

Untuk informasi, tinggi viaduk kretek bang direncanakan sekitar 5 meter dari permukaan jalan. Untuk lebar jalan sekitar 14 meter dilengkapi pedestrian di kanan kiri jalan selebar 1 meter. Pelebaran viaduck ini juga akan membuat pandangan dari arah selatan dan utara menjadi terlihat. Karena saat pelebaran ini kira kanan jalan diluruskan sehingga memudahkan pandangan saat melintas Kondisi saat ini sedikit menikung ke kiri kalau dari arah selatan. (kwl/adi)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia