Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Optimalkan Capaian Pajak, Pemkot Gandeng BCA

02 Juli 2019, 08: 40: 59 WIB | editor : Perdana

SINERGI: Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menandatangani MoU dengan BCA.

SINERGI: Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menandatangani MoU dengan BCA. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta dan PT. Bank Central Asia (BCA) resmi menjalin kerja sama dalam hal penyediaan layanan perbankan secara online dalam pembayaran pajak daerah. Kerja sama meliputi tiga ruang lingkup. Yakni memfasilitasi pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah, fasilitas cash management, serta layanan jasa perbankan lainnya.

Penandatanganan MoU dilakukan Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo dan Kepala Kantor Wilayah II BCA Yandy Ramadhani di balai kota, Senin (1/7). Hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Surakarta Bandoe Widiarto, Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo, Sekretaris Daerah Ahyani, dan Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Surakarta Yosca Herman Soedradjat.

Wali kota mengapresiasi bergabungnya BCA dalam program pemkot. Sebab selama ini pembayaran pajak secara online masih melibatkan perbankan pelat merah. Sebagai bank swasta pertama yang menjalin kerja sama dengan pemkot, Rudy (sapaan F.X Hadi Rudyatmo) optimistis bisa meningkatkan kesadaran wajib pajak (WP) untuk membayaran kewajibannya.

”Diharapkan pemilik modal besar di Kota Surakarta semakin mudah membayar pajak. Karena kami akui, nasabah BCA adalah pemilik modal menengah ke atas. Selama ini kami mendapat banyak permintaan dari wajib pajak agar dapat membayar melalui BCA,” ucap Rudy, kemarin.

Rudy berharap angka partisipasi pembayaran pajak di Kota Bengawan terus meningkat. Selama ini, kesadaranmasyarakat membayar pajak meningkat 23 persen. Kenaikan ini diketahui setelah pemkot meluncurkan Sistem Pembayaran Pajak Online (Si Bapak On). 

“Setelah BCA, kami mendorong perbankan yang lain untuk bergabung. Hal ini semata-mata untuk meningkatkan transparansi keuangan daerah. Juga meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),” imbuhnya.

Kepala BPPKAD Surakarta Yosca Herman Soedradjat menyebut WP bisa membayarkan kewajibannya melalui BCA per hari ini. ”Terdapat sembilan jenis pajak yang dilayani Si Bapak On. Yakni pajak bumi dan bangunan (PBB), pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, parkir, BPHTB, pajak air tanah, serta pajak penerangan jalan umum,” ungkapnya.

Yandy Ramadhani berharap kerja sama ini terus berkesinambungan. Untuk mempermudah masyarakat dalam membayarkan kewajibannya. Selain itu, pihaknya juga akan lebih mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. ”Kami tentunya menjadi fasilitator yang membuat nasabah semakin nyaman,” bebernya. (irw/fer)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia