Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Pelaksanaan Pilkades Masih Tunggu Instruksi Bupati

02 Juli 2019, 16: 42: 08 WIB | editor : Perdana

Pelaksanaan Pilkades Masih Tunggu Instruksi Bupati

SUKOHARJO – Jabatan kepala desa (Kades) di 11 desa akan berakhir 9 November mendatang. Namun, pelaksanaan pemilihan kades (pilkades) masih menunggu keputusan bupati.

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setyo Aji Nugroho mengatakan, 11 kades di tujuh kecamatan itu telah menjabat sejak 2013. Yakni Desa Wonorejo di Kecamatan Polokarto, Desa Triyagan di Kecamatan Mojolaban, Desa Purbayan, Desa Duwet dan Desa Gedongan di Kecamatan Baki.

Selanjutnya, Desa Jati di Kecamatan Gatak, Desa Karanganyar dan Desa Jatingarang di Kecamatan Weru, Desa Lengking di Kecamatan Bulu, Desa Jagan dan Desa Mertan di Kecamatan Bendosari.

"Pemdes Sukoharjo tentu telah melakukan persiapan pilkades. Tapi tetap menunggu keputusan bupati,” Setyo Aji kemarin (1/7).

Persiapan tahapan pilkades antara lain tanggal pelaksanaan, persyaratan bakal calon kades, pengamanan, sosialisasi, dan sebagainya. “Mengingat masa jabatan kades di 11 desa berakhir 9 November, maka kemungkinan besar pilkades akan digelar sebelum itu. Bisa saja akhir Oktober,” jelasnya.

Sebelumnya, pemkab mewacanakan menunda pilkades 11 desa hingga 2020. Itu disebabkan regulasi pemerintah pusat tentang pilkades serentak bisa digelar dengan rentang waktu minimal dua tahun dengan pilkades sebelumnya.

"Pemkab baru saja menggelar pilkades serentak di 125 desa pada Desember tahun lalu. Namun, regulasi tersebut bisa tidak berlaku apabila ada izin dari pusat dan kesiapan dari daerah," kata Setyo Aji. (rgl/wa)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia