Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

SAR Klaten Asah Skill di Gunung Api Purba

02 Juli 2019, 16: 47: 03 WIB | editor : Perdana

MEDAN EKSTREM: Relawan SAR Klaten menggelar latihan gabungan vertical rescue di Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, DI Jogjakarta, kemarin (30/6).

MEDAN EKSTREM: Relawan SAR Klaten menggelar latihan gabungan vertical rescue di Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, DI Jogjakarta, kemarin (30/6). (SAR KLATEN FOR RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Search and Rescue (SAR) Klaten terus mengasah kemampuan personelnya dalam penanganan bencana alam. Paling gres digelar latihan gabungan (latgab) vertical rescue. Berlangsung selama tiga hari (28-30/6) di Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul. 

Terdiri Latgab diikuti 36 peserta. Mereka dibekali materi terori maupun praktik langsung di lapangan. Terutama penanganan korban bencana alam yang berada di medan ekstrem. Ambil contoh perbukitan dan tebing curam.

“Vertical rescue merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki personel SAR. Melibatkan sejumlah komunitas relawan yang ada di Klaten. Mengingat dalam beberapa kasus, baik kecelakaan maupun bencana, membutuhkan kemampuan itu,” jelas Komandan SAR Klaten Pandu Wirabangsa, kemarin (1/7).

Latgab penyelamatan korban dari titik rendah ke tinggi atau sebaliknya ini digelar bukan tanpa alasan. Sebab personel SAR Klaten yang paham kemampuan vertical rescue dan tersertifikasi hanya empat orang. Ambil contoh kasus penyelamatan korban dari dalam sumur.

”Peserta dari 18 organisasi relawan di Klaten. Masing-masing mengirimkan dua personelnya. Jadi modelnya mereka nge- camp di Gunung Api Purba Nglanggeran. Pelatihnya dari SAR Klaten dan PMI,” urai Pandu.

Pemilihan lokasi latgab tidak asal tunjuk. Karena Gunung Api Purba Nglanggeran memiliki spot bervariasi. Sedangkan latihan yang diberikan selama tiga hari tersebut, dibagi dalam beberapa tahapan.

”Ada sejumlah peserta baru yang membutuhkan penyesuaian. Ke depannya, pelatihan seperti ini akan terus digelar secara rutin. Untuk meningkatkan relawan dalam mendukung vertical rescue,” ujarnya.

Personel Pemadam Kebakaran (Damkar) Klaten Edy Setyawan ikut nimbrung dalam latgab. ”Sudah sering ikut pelatihan ini. Sebagai bekal kami jika dihadapkan pada kasus-kasus penyelamatan yang membutuhkan kemampuan vertical rescue. Seperti orang tercebur sumur, kecelakaan di jurang, atau penyelamatan yang berkaitan dengan ketinggian,” bebernya. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia