Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Taman Kerten Semakin Kumuh

04 Juli 2019, 11: 35: 59 WIB | editor : Perdana

TAK TERAWAT: Kondisi Taman Kerten di Jalan Ahmad Yani yang memprihatinkan. 

TAK TERAWAT: Kondisi Taman Kerten di Jalan Ahmad Yani yang memprihatinkan.  (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Membangun memang lebih mudah dibandingkan merawat. Itu terjadi di Taman Kerten. Taman kota di Jalan Ahmad Yani yang tadinya asri dan rapi, kini seperti terbengkalai.

Pantauan Jawa Pos Radar Solo, tanaman tidak terpelihara dengan baik. Bahkan terkesan kumuh lantaran di beberapa titik taman berdiri bangunan semipermanen pedagang kaki lima (PKL).

"Ya pinggir-pinggirnya (taman, Red) dibuat untuk jualan sama beberapa warga. Paling kalau pagi atau sore ada beberapa yang olahraga,” terang Tri Utami warga sekitar Taman Kerten, kemarin (7,3).

Rencananya, pemkot segera merevitalisasi taman tersebut. Jika terwujud, warga ingin taman berbentuk segitiga di seberang kantor Kelurahan Kerten itu dilengkapi fasilitas bagi lanjut usia (lansia). 

Lurah Kerten Farida menuturkan, rencana perbaikan taman kota diinformasikan Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo saat peletakan batu pertama pembangunan  Taman Cerdas Kerten belum lama ini. "Nanti yang mengerjakan Dinas Lingkungan Hidup," jelasnya.

Menurut Farida, konsep perbaikan Taman Kerten mengusung nuansa ruang terbuka hijau yang ramah anak. Dia juga mengamini warga menginginkan ada fasilitas lansia. “Ruang kegiatan untuk lansia masih minim. Mungkin dilakukan penataan total. Dilengkapi selter pedagang,” terangnya.

Salah seorang warga Kerten, Gautama, 27, menuturkan, pembangunan fasilitas publik di kelurahannya cukup gencar. Setelah mulai membangun Taman Cerdas Kerten, berlanjut perbaikan Taman Kerten.

“Fasilitasnya akan dilengkapi dengan area permainan untuk anak. Kalau bisa juga dilengkapi fasilitas tambahan untuk lansia atau olahraga,” ucap dia. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia