Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Solo Tuan Rumah Hari Anak Dunia

05 Juli 2019, 11: 10: 59 WIB | editor : Perdana

PERSIAPAN: Panitia membahas teknis persiapan jelang peringatan Hari Anak Dunia di Solo Rabu (3/7).

PERSIAPAN: Panitia membahas teknis persiapan jelang peringatan Hari Anak Dunia di Solo Rabu (3/7). (PEMKOT SOLO FOR RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – United National International Children’s Fund (Unicef) menggandeng Pemkot Solo akan menggelar peringatan puncak Hari Anak Dunia di Kota Bengawan pada 20 November mendatang. Penyelenggaraan di Solo nanti lebih istimewa, lantaran bertepatan dengan peringatan 30 Tahun Konvensi Hak Anak.

Kepala Perwakilan Unicef Wilayah Jawa Tubagus Arie Rukmantara mengatakan, ide penyelenggaraan puncak Hari Anak Dunia di Kota Solo datang dari Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo. Kegiatan akan berlangsung 19-20 November. 

Pada hari pertama, 19 November akan digelar gala dinner. Di acara ini akan tampil anak-anak Solo menunjukkan bakat dan keahlian mereka. Mereka akan menampilkan sendratari Ramayana yang semua penarinya adalah anak-anak. 

“Dengan berbagai macam bakat anak-anak Kota Solo. Dari modern sampai tradisional akan ditampilkan di situ,” terang  Arie.

Dia menjelaskan, kegiatan ini juga mengapresiasi tokoh-tokoh yang berperan besar dalam menjalankan konvensi hak anak di Indonesia selama 30 tahun terakhir. Salah satunya mantan wali kota Solo yang saat ini menjabat Presiden RI Joko Widodo. “Karena beliau yang pertama diterapkan kota layak anak,’’ jelasnya.

Lantas pada puncak kegiatan, 20 November digelar peringatan Hari Anak Dunia sekaligus peringatan 30 tahun konvensi hak anak. Kegiatan ini akan mendeklarasikan anak-anak Solo tentang penerapan hak anak. Kemungkinan juga akan ada penandatanganan semacam prasasti bahwa Solo pernah menjadi salah satu kota yang menggelar peringatan 30 tahun konvensi hak anak.

“Ini istimewa karena belum ada kota-kota besar di Eropa yang menggelar acara sebesar di Solo,” tuturnya. (din/bun)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia