Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Kuota Sembilan SMA di Wonogiri Belum Terpenuhi 

05 Juli 2019, 07: 05: 59 WIB | editor : Perdana

BERI ARAHAN: Guru memberi bimbingan calon siswa yang mendaftar ke SMAN 2 Wonogiri.

BERI ARAHAN: Guru memberi bimbingan calon siswa yang mendaftar ke SMAN 2 Wonogiri. (IWAN KAWUL)

Share this      

SEHARI jelang penutupan pendaftaran online penerimaan peserta didik baru (PPDB), kuota sembilan SMAN di Wonogiri belum terpenuhi. Bahkan, satu sekolah pendaftarnya masih di bawah 100. 

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Wonogiri Pujo Irianto Langgeng mengatakan, sejumlah SMA sudah bisa memenuhi kuota rombongan belajar (rombel). Yakni, SMAN 1 Wonogiri, SMAN 2 Wonogiri, SMAN 1 Baturetno dan SMAN 1 Girimarto. Sedangkan sembilan SMA lain masih belum memenuhi dan sistem masih berjalan. 

“Saat ini sistem masih terus berjalan. Memang ada yang belum memenuhi kuota, tapi besok (hari ini) masih ada waktu,” kata Pujo, Kamis (4/7). 

Menurut Pujo, pendaftaran melalui sekolah akan ditutup pada Jumat (5/7) pukul 15.00. Sedangkan pendaftaran secara online akan ditutup Jumat (5/7) pukul 23.59. Setelah itu sistem akan terkunci. 

“Kalau penuh semua ya sulit. Karena masih banyak pilihan sekolah sesuai minat peserta didik. Ada SMK negeri dan sekolah-sekolah swasta,” kata Pujo. 

Terpisah, Kepala SMANegeri 2 Wonogiri Endang Sunarsih mengatakan bahwa sekolahnya sudah memenuhi kuota 432 peserta didik. Terdiri dari 259 siswa dari jalur zonas, 86 dari jalur prestasi dalam zonasi dan 4 mutasi orang tua

“Selama pendaftaran tidak ada kendala, semua lancar. Kami punya cara sendiri supaya tertib dan lancar,” kata Endang. 

Menurut Endang, calon peserta didik yang mendaftar melalui sekolah akan dikumpulkan dulu di aula. Kemudian diberikan motivasi dan dijelaskan cara-cara mendaftar secara online. Sehingga saat masuk ke ruang pendaftaran secara online siswa sudah siap. 

“Aplikasi juga relatif mudah dioperasikan, baik oleh anak atau orang tua. Jadi tidak ada kendala terkait pendaftaran online,” katanya. 

Kepala SMAN 1 Sidoharjo Uswatun Hasanah mengakui hingga hari keempat baru ada pendaftar jalur zonasi 58 dan jalur prestasi 16. Padahal, kuota yang ditetapkan yakni 180.  “Kami masih optimistis kalau tiga sampai empat rombel masih dapat,” kata Uswatun. (kwl/bun)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia