Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Polresta Surakarta Turun Tangan, Persempit Potensi Pungli PPDB

05 Juli 2019, 13: 10: 59 WIB | editor : Perdana

Polresta Surakarta Turun Tangan, Persempit Potensi Pungli PPDB

SOLO – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menjadi perhatian Polresta Surakarta, terutama terkait potensi pungutan liar (pungli). Karena itu, tim satuan tugas sapu bersih (Saber) Pungli dikerahkan ke sekolah-sekolah guna melakukan sosialisasi.

“Setiap mau daftar sekolah itu ada yang namanya bayar uang gedung, uang seragam, dan lain-lainnya. Potensi pungli-nya bisa dari situ,” terang Ketua Tim Satgas Saber Pungli AKBP Andy Rifai kemarin (4/7). 

Andy mengimbau sekolah tidak coba-coba melakukan pungli. Seluruh pembayaran harus sesuai regulasi yang berlaku dan disepakati oleh orang tua murid dan komite sekolah.

Potensi kerawan selanjutnya adalah jual beli kursi. “Namun sebenarnya hal ini sudah bisa diantisipasi karena semua sudah sistem online. Namun, bukan berarti tidak kita cegah, tetap kita peringatkan kepada sekolah,” ungkapnya.

Bagi siapa pun yang mengetahui indikasi pungli maupun jual beli kursi di sekolah, diminta segera melapor ke Polresta Surakarta agar secepatnya ditindaklanjuti.

“Hingga saat ini belum ada temuan (pungli dan jual beli kursi, Red). Belum ada gejolak di masyarakat soal PPDB yang kaitannya dengan pungli,” pungkasnya. (atn/wa)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia