Sabtu, 21 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Solo

170 Ahli Waris Enggan Pindahkan Makam Kerabatnya dari Bong Mojo

05 Juli 2019, 22: 57: 26 WIB | editor : Perdana

Makam-makan di Bong Mojo segera dipindahkan bulan depan

Makam-makan di Bong Mojo segera dipindahkan bulan depan

Share this      

SOLO - Pemkot segera memindahkan seluruh makam di Bong Mojo ke tempat pemakaman umum (TPU) Dasiknalaya dan Purwalaya pada Agustus. Itu menyusul rencana pemkot yang akan membangun RSUD di lahan tersebut.

Dari total 190 makam, hanya 19 ahli waris yang melakukan konfirmasi dan koordinasi dengan pemkot. Ahli waris tersebut akan segera memindahkan makam sesuai dengan keyakinan masing-masing. 

Pemkot juga sudah menggandeng pengelola rumah duka Thiong Ting dan pengurus Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) agar sosialisasi pemindahan makam tersebut berjalan lancar.

”Sebanyak sembilan ahli waris langsung menghubungi kami. Adapun 10 ahli waris menghubungi rumah duka Thiong Ting,” ungkap Kasi Pemakaman Umum Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KKP) Sawaras Budi Kusuma Jumat (5/7).

Tahap pertama pemindahan akan dilakukan awal Agustus. Pemkot memprioritaskan relokasi kepada makam-makam yang ahli warisnya sudah terdata. Sisanya akan diikutsertakan dalam pemindahan masal tahap berikutnya.

”Ini hasil pendataan terakhir. Data sebelumnya pada 2014 terdapat 300 makam yang berada di lahan Bong Mojo sisi timur. Tapi, saat ini sudah banyak makam yang dipindahkan, sebelum kami memulai pendataan," jelas Sawaras.

Terpisah, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo akan segera mengurus persiapan pembangunan RSUD. Lahan Bong Mojo bakal menjadi lokasi pembangunan di samping membangun fasilitas publik lainnya. (irw/ria)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia